12
Pilar Marketing merupakan rangkuman konsep pemasaran yg sangat dahsyat,
yakni 12 cara menyentuh target market. Kebanyakan orang hanya melakukan
sebagian saja. Padahal, jika mampu melakukan kedua belas pilar ini,
orang tersebut akan mendapatkan hasil yg sangat dahsyat!
1. Publik Relation, Publisitas, atau Press Release
Banyak
orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press release,
padahal hal itu adalah sarana awareness yg paling murah dan efektif
karena dalam sekali kesempatan (waktu) bisa menyentuh banyak orang
sekaligus.
Bagaimana caranya?
• Harus layak berita
• Kirim kepada lebih dari 1 majalah
• Tulis dalam surat pengantar, nama majalah2 yg dikirimi artikel ini & sebutkan bahwa hanya 1 majalah yg paling cepat memberikan respons yg boleh memuat berita tersebut dan melakukan wawancara ekslusif
• Follow up dengan telepon
Bagaimana caranya?
• Harus layak berita
• Kirim kepada lebih dari 1 majalah
• Tulis dalam surat pengantar, nama majalah2 yg dikirimi artikel ini & sebutkan bahwa hanya 1 majalah yg paling cepat memberikan respons yg boleh memuat berita tersebut dan melakukan wawancara ekslusif
• Follow up dengan telepon
2. Referral
Yang menyentuh market bukanlah kita sendiri. Contohnya adalahmember get member.
3. Endorsement
Yang
menjual bukanlah kita sendiri. Endorsement hampir sama dengan referral.
Perbedaannya, dalam referral biasanya satu orang mengajak seorang
lainnya maksimum beberapa orang, sedangkan dalam endorsement satu orang
bisa mengajak seribu orang, atau semua orang di dalam kategorinya
4. Advertising
Iklan
ada banyak hal, seperti Televisi, Koran Nasional, Koran Lokal, Majalah,
Spanduk, Brosur, Baliho, Website, Stiker, Yellow Pages, Radio, Kartu
Nama, dll
5. Direct Mail
Biasanya
direct mail adalah lebih tepat ke target market dibanding iklan yg
siapapun membacanya atau siapapun tidak membacanya. Yang termasuk direct
mail adalah Surat, Faksimili, Email, BBM, SMS, Katalog, Stiker Nomor
Penting, dll
6. Direct Sales
Direct
sales adalah penjualan yg dilakukan secara langsung kepada target
market. Orang-orang bagian penjualan adalah salah satu ujung tombak
penting dalam pemasaran yg sekaligus merupakan bentuk faktor kali dari
penjualan kita. Kita harus selalu memberikan insentif dan training yg
memuaskan
7. Direct Agent
Jika
produk-produk kita memiliki jangkauan (persebaran) yg luas, sebaiknya
di setiap kota kita memiliki agen. Ini bisa dengan Franchise, Cabang,
Distributor, Multi Level Marketing, Licensing
8. Host Beneficiary
Anda
mempromosikan Produk & Jasa Anda langsung kepada customer
perusahaan lain. Contohnya isi ulang pulsa sekian ribu gratis 1 liter
pertamaxxxx
Menyentuh
target market dengan sepenuhnya menggunakan telepon. Untuk melakukan
hal ini diperlukan Sales Script yg benar2 teruji agar telemarketing
dapat menyentuh target market yg tepat
10. Joint Venture
Kerjasama
dua pihak atau lebih. Joint Venture juga bisa dilakukan dengan
kompetitor Anda, jika memang jadwal produksi kita sedang padat, dll.
Dengan Begitu Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena jika
suatu ketika jadwal kompetitor kita yg padat, tidak menutup kemungkinan
mereka akan melempar (mengingat) kepada Anda
11. Memberikan Seminar
Daripada
kita beriklan besar-besaran di sebuah media tanpa fokus pada target
market dengan hasil yg tidak optimal, sebaiknya kita melakukan pilar
marketing yg kesebelas ini, yakni mengadakan seminar. Dengan memberikan
seminar sebenarnya kita dapat lebih fokus pada target market kita (tentu
saja jika seminarnya dipersiapkan dengan matang)
12. Canvasing / Booth
Pilar
ini sangat tepat jika dilakukan pada target market yg tepat. Cara ini
biasanya banyak digunakan oleh mal-mal besar. Contohnya adalah
menggunakan Sales Promotion Girl atau SPG.
Segala
hal harus senantiasa dites, diukur dan dilakukan monitoring secara
berkala, karena dengan begitu kita jadi tahu letak kesalahannya dan bisa
memperbaikinya sedini mungkin sebelum terlambat
sumber :
www.kaskus.us/showthread.php?t=12093187
0 komentar
Posting Komentar