Rabu, 21 Desember 2011

Cara Pilih Stik Billiard Yang Bagus


Memilih Stik Billiard

Teman-teman mungkin bertanya, gimana sih caranya memilih stik yang cocok buat kita.
Di pasaran itu sangat banyak pilihan baik itu merek, jenis, maupun harga yang mungkin dapat membingungkan kita dalam memilih stik.
Bagi para pemain billiard, stik merupakan sesuatu hal penting yang sebenarnya kalau boleh saya katakan, haruslah “menyatu” atau cocok dengan si empunya.
Dengan kata lain, stik yang cocok untuk saya, belum tentu cocok untuk anda pakai.
Saya akan menuliskan faktor yang dapat menjadi acuan dalam memilih

• Material Shaft – Material ini sangat menentukan gaya kita dalam bermain. Shaft biasanya ada yang terbuat dari kayu dan fiber. Shaft kayu pun kebanyakan dibuat dari bahan kayu Maple karena alasan lebih lentur.
• Massa – Biasanya massa suatu stik dihitung dengan hitungan Oz. Ada yang 19,20,atau 21 Oz. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita. • Tip – Ujung stik disebut tip (bagian yang langsung bersentuhan dengan bola). Tip ini memiliki jenis yang beragam. Ada yang soft, medium, atau hard. Tinggal disesuaikan dengan gaya permainan kita. Apakah lebih bermain spin, ketepatan stroke, dll.


• Ferule – Ferule ini adalah tempat melekatnya tip. Jadi usahakan pilih yang terbuat dari bahan yang kuat.
• Join – Yang disebut join adalah bagian persambungan stik (stik 2 piece,yang bisa disambung). Sebenarnya Join tidak mempengaruhi permainan kita. tetapi ada orang yang mengganti Joinnya menjadi jenis Unilock (hanya membutuhkan 3x putaran saja)
Yang paling penting adalah sesuaikan dengan budget teman-teman sendiri. Stik mahal belum tentu membuat kita menjadi jago dalam bermain. Dan menurut saya mahal itu juga relatif.
Harga stik juga beraneka ragam, mulai dari yang ratusan ribu (seratus ribu juga ada) sampai dengan yang puluhan juta.
Oh iya, mempunyai stik sendiri pasti sangat membantu dalam meningkatkan skill kita dalam bermain billiard.
Kita akan bisa belajar dari kesalahan kita dalam memakai stik tersebut, sampai akhirnya kita benar-benar bisa menguasai stik tersebut.

0 komentar