Minggu, 11 Desember 2011

FOTO-FOTO GERHANA BULAN TOTAL 10 DESEMBER 2011


Pada hari Sabtu, 10 Desember 2011 semalam telah terjadi Gerhaba Bulan Total (GBT). Saat itulah bumi, bulan dan matahari menjalani kesejajaran yang mengagumkan. Bukan hanya sejajar, melainkan terletak pada satu garis lurus dengan bumi ‘terjepit’ di tengah-tengah.
Akibatnya bulan akan berada di bawah bayang-bayang inti (umbra) dan tambahan (penumbra) bumi selama beberapa jam sebelum purnama, tepat saat purnama dan selama beberapa jam juga selepas purnama. Inilah Gerhaba Bulan Total (GBT) terakhir di tahun 2011.
Gerhana dapat disaksikan hampir di segenap penjuru bumi kecuali kawasan Amerika Selatan, Afrika Barat dan seluruh Samudera Atlantik. Hanya saja tidak semuanya mampu menyaksikan seluruh tahap gerhana. Indonesia termasuk beruntung.
Sebab bersama seluruh Asia Tenggara, Australia, Asia Timur dan Rusia merupakan satu-satunya kawasan yang dapat menyaksikan seluruh tahapan gerhana secara utuh. Kawasan lainnya hanya menyaksikan sebagian tahap gerhana, baik karena gerhana terjadi kala bulan dalam proses terbit maupun dalam proses terbenam.
Gerhana mulai terjadi pada pukul 18:35 WIB ditandai dengan mulai bersentuhannya cakram bulan terhadap penumbra. Pada saat itu bulan telah menempati langit timur untuk beberapa lama setelah terbit.

Namun tahap ini sulit untuk diidentifikasi mata kita tanpa menggunakan alat bantu apapun. Kita baru akan bisa menyaksikan gerhana secara kasat mata sebagai mulai ‘robeknya’ bulan sejak pukul 19:44 WIB saat cakram bulan tepat mulai bersentuhan dengan umbra.

Totalitas, yakni tertutupinya cakram bulan secara sepenuhnya oleh umbra, terjadi antara pukul 21:07 WIB hingga 21:57 WIB selama 50 menit dengan puncak gerhana pukul 21:23 WIB. Saat itu Bulan telah beranjak ke kedudukan cukup tinggi di langit timur laut.

Selepas pukul 21:57 WIB berangsur-angsur umbra mulai meninggalkan cakram bulan sehingga bulan kembali mulai terlihat dan langit mulai benderang lagi. Umbra tepat meninggalkan cakram bulan pada pukul 23:16 WIB. Inilah akhir gerhana secara kasat mata.
Namun secara teknis gerhana baru benar-benar berakhir selepas tengah malam, tepatnya pukul 00:28 WIB, saat cakram bulan tepat sepenuhnya meninggalkan umbra. Sehingga bulan kembali lagi ke statusnya sebagai bulan lepas purnama.


2 komentar