Rabu, 07 Desember 2011

Kemulian 10 ASyura (muharam)

Tak terasa kita sudah sampai tahun baru Islam,  bulan Muharam. Sedangkan tahun baru masehi yaitu 1 januari. Dari ke tahun dan bulan Masehi dan Muharam ini  apakah ada perbedaan?, jawabnya yah. Ketika kita menyambut tahun baru Masehi begitu gembiranya dan meriahnya. Beda dengan pergantian tahun baru Islam tidak begitu meriah. Apakah ada kelebihan di tahun dan bulan kedua ini.  penulis tak akan membahas perbedaan keduanya lebih banyak, soalnya tanganku udah letih. dibayar pun nggk hahah. ye.. emang siapa yang mau bayar kenapa mau menulis yah.. dasar si penulis. ok deh masuk ke yang pokok.
Bulan Muharam adalah bulan Islm, bulan ini adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah karena di tanggal sepuluh bulan Muharam atau kata lain bahasa jawa dikenal kata  “Syuro” , kata ini sebenarnya diambil dari bahasa Arab yaitu Asyuro. Diambil dari mufrodnya (kata tunggal) yaitu ‘asyaro’ , a’syrotun, asyaru artinya sepuluh. Mau menyebut mana aza boleh deh… Pada tanggal sepuluh Muharam ini. Penulis merujuk dari berbagai macam kitab diantaranya Mukasyafatu al -Qulub, ‘Ianatu ath-Thalibin. Sebenarnya banyak sih rujukan untuk mengetahui bulan Muharam ini. Ya namanya juga si penulis kadang malas,kadang semanget.
Diantara kemulian tanggal sepuluh bulan muharam ini :
  1. Diterimanya taubatnya nabi Adam As., diciptakannya dan mulai dimasukannya ke jannah (surga).
  2. Dilahirkannya Nabi Ibrahin As., dan diselamatkannya Nabi Ibrahim tidak mempan dengan api kejadiaannya itu pada tanggal sepuluh Muharam.
  3. Juga diselamatkannya Nabi Musa As., dari kejaran Firaun dan ditenggelamkannya Firaun dan konco-konconya itu kejadianya ada pada tanggal sepuluh Muharam.
  4. Nabi Isa As., dilahirkan ke alam dunia dan diangkat ke langit itu kejadiannya ada pada tanggal sepuluh Muharam.
  5. Nabi Idris As diangkat ke tempat tertinggi pada sepuluh Muharam.
  6. Nabi Nuh As mendarat ketepian dari berpuluh-puluh tahun dengan perahunya dilaut kejadiaanya juga ada pada tanggal sepuluh Muharam.
  7. Nabi Yunus as dikeluarkan dari ikan besar ikan Hut, pada tanggal sepuluh Muharam.
  8. Nabi Sulaiman As oleh Allah diberi kekuasaan dunia, sehingga beliau dapat kedudukan yang tertinggi dengan mengerti berbagai macam bahasa dan semua tunduk makhluk-makhluk ciptaan Allah kepada beliau. Itu juga diberikan  kemulian oleh Allah kejadianya ada tanggal sepuluh Muharam.
  9. Mata Nabi Yaqub as, beliau pernah mengalami kebutaan dan disembuhkannya pada tanggal sepuluh Muharam.
  10. Nabi Yusuf As pernah dimasukan ke sumur (jud) oleh saudara-saudaranya yang dengki kepada beliau, dengan kemulian dan keagungan sepuluh Muharam, Nabi Yusuf dikeluarkannya pada tanggal sepuluh Muharam ini.
  11. Nabi Ayub As pernah mendapat ujian besar dari Allah dengan penyakit yang tidak pernah dialami oleh manusia lainnya. Penyakit beliau kulitnya hampir habis sampai jantung dan tulang-tulangnya sampai kelihatan. Dan lagi penyakit yang diderita Nabi Ayub ini bila matahari menyoroti Nabi Ayub as dari belakang maka sinar matahari ini tembus ke depan tubuh Ayub As. Dan kemulian bulan sepuluh Muharam ini mak Nabi Ayub ini terlepas dari penyakitnya diganti dengan kulit yang paling bagus dari sebelumnya.
  12. Allah SWT mengampuni Nabi Daud As kejadiannya ada pada tanggal sepuh Muharam.
  13. Allah menciptakan dunia kejadianya ada tanggal sepuluh Muharam.
  14. Allah menciptakan Jibril As tanggal sepuluh Muharam.
  15. Awalnya hujan turun ke dunia ini terjadi tanggal sepuluh Muharam.
  16. Dan meninggalnya cucu Rasulullah Saw husen meninggalnya tanggal sepuh Muharam.
Dari keutamaan-keutamaan sepuluh Muharam ini kita dapat mengambil pelajaran. Oleh karena itu banyak para muslim mengagungkannya pada sepuluh Muharam dengan berbagai macam-macam ibadah.

0 komentar