Senin, 02 Januari 2012

15 Bahan Makanan Kaya Serat




DALAM mengonsumsi makanan, manusia membutuhkan kandungan serat demi kelancaran pencernaan. Beberapa bahan makanan mengandung lebih banyak serat disbanding lainnya.

Beberapa manfaat serat adalah menurunkan gula darah, kolesterol, bahkan mencegah kanker usus besar dan membantu mencegah wasir. Nah, untuk mendapatkankandungan serat untuk tubuh, Anda bisa mengonsumsi 15 makanan kaya serat berikut ini, seperti dilansirMedicmagic, Kamis (29/12/2011):

Jagung

Berbagai jenis jagung memiliki kombinasi nutrisi antioksidan. Sekira setengah biji jagung mengandung 2 gram serat. Popcorn juga merupakan sumber makanan kaya serat dan rendah kalori. Popcorn dapat menyediakan sekira 3,5 gram asupan serat di saat Anda mengonsumsinya.

Kacang merah

Selain kaya serat, protein, dan zat besi, kacang merah juga merupakan salah satu sumber gizi terbaik. Bila Anda mengonsumsi kacang merah sebanyak 1 cangkir, itu berarti akan mencakup 25 persen dari kebutuhan harian nutrisi yang memerangi hipertensi.

Kacang hitam

Kacang hitam mengandung 15 gram serat dan 15 gram protein. Warna gelap pada kacang ini menunjukkan tingginya kandungan flavonoid yang memiliki antioksidan tinggi. Ketika Anda menambahkan kacang-kacangan pada makanan lain, itu akan menambah kadar serat yang tinggi. Ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang melakukan diet, juga pastikan minum lebih banyak air.

Kacang

Kacang kaya akan serat dan kandungan antioksidan.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki sumber serat tinggi. Dengan konsumsi sekira 2 sendok makan, alpukat memiliki kadar 2 gram serat, sedangkan alpukat utuh mengandung sekira 10 gram. Alpukat juga sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pasta gandum

Pasta gandum adalah sebuah alternatif untuk makanan kaya serat.

Beras merah

Setiap cangkir beras mengandung 3,5 gram serat. Jika Anda mengonsumsi lebih dari 5 porsi nasi putih dalam sepekan, maka ini akan meningkatkan risiko diabetes. Namun kalau Anda turut menambahkan beberapa porsi beras merah per pekan, maka akan dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 11 persen.


BANYAK sumber bahan makanan mampu memenuhi kebutuhan serat alami manusia. Beberapa bahkan mengandung serat yang cukup tinggi.

Simak bahan-bahan makanan kaya serat, seperti dikutip Medicmagic:

Roti gandum

Gandum memiliki unsur-unsur gizi dan kaya serat sehingga menempatkan roti gandum dalam makanan sehari-hari adalah pilihan diet yang utama.

Pir

Seperti buah yang paling sering dimakan dengan kulitnya, pir merupakan sumber serat dan gizi tinggi. Pir berukuran sedang memiliki 5,5 gram serat.

Havermut

Oatmeal mengandung unsur beta glucan, jenis serat khusus yang bermanfaat menurunkan kolesterol sangat kuat, terlebih dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Oatmeal adalah campuran yang baik dari serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut adalah jenis serat yang menurunkan kolesterol darah. Sementara, serat tidak larut dapat membantu menjaga pencernaan Anda berjalan lancar.

Buah raspberry

Raspberry yang kaya serat ini juga sangat bergizi. Raspberry juga memiliki antioksidan kuat.

Kacang polong

Kacang yang diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat ternyata memiliki sumber serat, selain itu harganya murah. Kacang polong mengandung sekira 16,3 gram serat, kacang polong beku juga mengandung 8,8 gram.

Brokoli

Selain bagus untuk mencegah kanker, sayuran ini juga mengandung serat. Kadar serat di dalamnya sekira 5,1 gram serat, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus.

Apel

Untuk mendapatkan kadar serat, makanlah apel dengan kulitnya. Bila kulitnya dihilangkan, Anda akan kehilangan serat, apalagi buah apel berukuran biasa dapat mengandung 4,4 gram serat.

Kacang almond

kacang almond dan hampir semua kacang-kacangan lainnya merupakan sumber serat, lemak sehat, dan protein yang sangat baik. Namun, jumlah kalori almond cukup tinggi sehingga Anda harus membatasinya konsumsinya. Cukup dengan seperempat cangkir, Anda akan dapatkan 3 gram serat dan 170 kalori


-okezone-

0 komentar