Minggu, 15 Januari 2012

Nama Nama Bayi Islami Laki dan Perempuan

Kelahiran sang buah hati tentu suatu yang sangat dinanti-nantikan oleh pasangan suami-istri yang lama mendambakan keturunan. Apalagi kelahiran sang buah hati adalah anak pertama, tentu kebahagiaan tersendiri. Terasa kebahagiaan begitu lengkap dengan kehadiran buah hati.
Setelah buah hati lahir tentu saja yang selanjutnya dilakukan adalah memberikan nama nama bayi yang baik dengan harapan kelak menjadi anak sesuai dengan nama yang disandangnya. Setiap orang tua diharapkan memberikan nama nama bayi yang baik bagi anaknya.
Tuntunan dalam memberikan nama nama bayi sesuai sunnah :
  1. Menggunakan nama Abdullah dan Abdurrahman. Kedua nama ini adalah nama nama bayi yang paling dicintai Allah ta’ala sesuai dengan sabda Rasululloh -sallahu alaihi wasallam-“Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.” (HR. Muslim no. 2132).
  2. Nama yang menunjukkan penghambaan dari nama-nama Allah Azza wa Jalla. Misal seperti Abdul Malik, Abdul ‘Aziz, Abdul Bashiir dan lain-lain.
  3. Menggunakan nama nabi dan rasul. Tidak lain karena mereka adalah utusan-utusan Allah ta’ala, memiliki ahlak mulia dan amalan yang salih. Sehingga diharapkan anak-anak kita pun mengikuti ahlak dan amalan mereka, amiinn..
  4. Memberi nama nama bayi dengan nama orang-orang muslimin shalih terutama nama sahabat Rasululloh.
  5. Memberi nama nama bayi sesuai sifat orangnya. Asalkan nama tersebut tidak bermakna memuji diri sendiri dan tidak mencela/buruk. Contoh Hammam (orang yang berkeinginan kuat) dan Harits (orang yang berusaha).
Larangan dalam memberikan nama nama bayi yang haram :
  1. Dilarang menggunakan nama yang bermakna penghambaan kepada selain Allah. Karena jelas nama ini bisa menjerumuskan kedalam kesyirikan. Contoh Abdusy Syams (hamba syams/matahari), Abdur Rasuul (hamba matahari), Abdun Nabi (hamba matahari) dan lain sebagainya.
  2. Dilarang menggunakan nama-nama Allah Azza wa Jalla dengan penambaan alif dan lam. Misal ar-Rahman, al-Khaliq, ar-Rahiim, dan al-Bari. Kecuali tanpa alif dan lam maka diperbolehkan. Seperti Rahman, Khaliq, Rahiim dan seterusnya.
  3. Dilarang memberi nama nama bayi dengan nama Malikul Muluk (Rajanya Raja). Termasuk juga nama syahin syah, sulthanus salathin dan sejenisnya.
  4. Dilarang memberi nama nama bayi dengan nama Sayyidun Naas, Sayyidul Kul, dan Sittul Kul. Sebagaimana diharamkan memberi nama Sayyidu waladi Adam kecuali Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  5. Dilarang memberi nama nama bayi dengan nama berhala yang disembah misal Naailah dan Isaaf .
  6. Dilarang memberi nama dengan ciri nama orang-orang kafir. Contoh George, Thomas, Suzan, dsb.
  7. Dilarang memberi nama dengan nama setan. Seperti Khinzab, Ajda’,  Walhaan, A’war.
nama nama bayi islami

Download lengkap koleksi nama bayi islami
  1. Nama nama bayi islami 1 : http://bit.ly/namabayi1
  2. Nama nama bayi islami 2 : http://bit.ly/namabayi2
  3. Nama nama bayi islami 3 : http://bit.ly/namabayi3
Silahkan download salah satu atau ketiga file diatas, terutama file nama bayi 1. Karena lebih mudah dalam penggunaan dan insyaAlloh lebih lengkap. Berikanlah nama yang baik dan indah untuk putra putri kita. Semoga bermanfaat artikel dan download nama nama bayi ini.

2 komentar

Baju Bayi Perempuan Jumat, 20 Januari, 2012

wah makasi infonya..

Unknown Minggu, 19 Februari, 2012

oks sama-sama n smoga bermanfaat.......