Kamis, 08 Maret 2012

Membuat Related Post Thumbnail dengan Widget LinkWithin

Apa itu Related Post Thumbnails? Yaitu salah satu model daftar tulisan (posting) yang berhubungan di bawah posting. Secara umum ada 2 model related post. Model pertama hanya menampilkan judul posting saja. Contohnya seperti di sebelah kiri sidebar Blog ini. Dan cara kedua menggunakan Widget LinkWithin

Membuat Related Post LinkWithin

Disadur dari Link sumber. http://www.linkwithin.com. Adalah sebuah situs penyedia widget Blog yang diutamakan untuk mendapatkan Fitur Artikel yang saling terhubung (Related Post). Terutama yang menginginkan Posting yang berkesinambungan, dan sinkron dalam 1 link Halaman yang ditautkan ke link Halaman yang lainnya.

Cara ini lebih disukai oleh banyak blogger karena lebih bergaya dikarenakan lebih aktraktif disertai judul dan Gambar. Kekurangannya hanya bisa menampilkan paling banyak 5 related post, itupun juga harus disesuaikan dengan lebar halaman posting blog anda. Jika lebar halaman blog anda kecil bisa jadi hanya bisa memuat 3 atau 4 related post thumbnail. Jadi kesimpulannya? terserah pada anda saja

Nah, jika anda tertarik untuk menggunakan related post thumbnails ini, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Bukalah situs LinkWithin.com.
  • Kemudian isilah data-data yang diminta. Jangan lupa sesuaikan jenis Platformnya. Jika blog anda menggunakan blogspot, pilihlah blogger. Lalu tentukan berapa related post thumbnail yang ingin anda tampilkan pada kotak Width. Jika sudah klik tombol Get Widget.

LinkWithin,Related Post dengan Gambar
  • Setelah anda dialihkan ke Tab baru pada Menu Add Page Element, Barulah pindahkan Widget tersebut di bawah Posting.
Membuat Related Post Thumbnail dengan LinkWithin

Bila ingin tidak ingin menampilkannya/tersembunyi (Visabilitas:hidden) di Halaman Utama bagi yang menggunakan Fitur auto Readmore bisa mengikuti langkah dibawah ini :

  • Klik Design>>Menu edit HTML dan centang Pada Expand Template Widget. Cari kode 'LinkWithin' Pada Pencarian, yang sebelumnya dengan menekan tombol; F3. kode akan terseleksi dengan warna Hijau.
Membuat Related Post Thumbnail
  • Kurang lebihnya seperti dibawah inilah Source kode yang saya ambil menggunakan Blog ini:
<b:widget id='HTML6' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'>
<b:includable id='main'><data:content/></b:includable>
</b:widget>
  • Sisipkan kode yang berwana merah seperti dibawah ini
<b:widget id='HTML6' locked='false' title='LinkWithin' type='HTML'>
<b:includable id='main'><b:if cond='data:blog.pageType == "item"'><data:content/></b:if></b:includable>
</b:widget>
Catatan:  Kode HTML6 ini jangan dijadikan patokan pencarian, sebaiknya abaikan saja karena setiap elemen pasti berbeda-beda, cukup cari title saja.
Kode berwarna Merah tersebut berguna untuk menampilkan widget blog hanya pada single post saja atau ketika anda membaca postingan secara keseluruhan dan tidak akan muncul pada main post atau kategori post.

0 komentar