Rabu, 11 April 2012

Mau Diet, Ini Cara yang Benar

Mau Diet, Ini Cara yang Benar

Diet, diet dan diet. Kata diet boleh dibilang salah satu harapan bagi individu yang mengidamkan tubuh seindah gitar spanyol. Sayangnya, tak sedikit individu yang sudah memasuki level obesesi gemar melalui jalan singkat dengan menerapkan diet yang tidak benar. Hasilnya bukan tubuh indah dan proporsional yang didapat melainkan tubuh penyakitan yang harus disokong infus rumah sakit. Nah berikut, panduan diet yang dikutip dari Yahoohealth,:

  1. Perbanyak olah raga dan asupan makanan yang seimbang antara gizi dan kalori. Dari sejumlah kasus, seseorang yang diet kerap mengabaikan komposisi asupan makanan dan rutinitas olahraga. Ada individu yang cenderung rutin berolah raga namun tidak menjaga pola makan. Sebaliknya, ada juga individu yang pandai menjaga komposisi asupan makanan namun malas berolah raga.
  2. Pantau berat badan Anda. Dengan memantau berat badan, individu bisa mengetahui perkembangan diet yang telah dilakukan. Sebagai catatan, berat badan juga menjadi motivasi seorang untuk menjalani diet.
  3. Hindari cemilan. Tahukah Anda, mengemil dalam porsi yang cukup besar sama saja dengan mengkonsumsi makan siang dan makan malam. Solusinya, jika anda yang suka mengemil bisa memilih cemilan yang memiliki komposisi kalori yang tidak mengancam diet yang telah dilakukan. Disamping itu,pilihan cemilan yang kaya serat hingga bersifat mengenyangkan. Kunci keberhasilan seseorang menjalani diet sangat dipengaruhi oleh keberhasilan seseorang dalam menjaga cemilan.
  4. Jaga porsi makan anda. Prinsipnya sama ketika anda mengemil. Perhatikan komposisi gizi. Pakar gizi kebanyakan menyarankan individu untuk menghindari konsumsi makanan berlemak. Konsumsi makanan kaya protein dan serat sangat direkomendasikan.
  5. Jangan lupa sarapan. Sebagian individu menganggap sarapan pagi sama saja merusak diet. Prinsip itu sejatinya salah kaprah. Faktanya, sarapan pagi membantu individu memperoleh energi yang cukup untuk menujang aktivitas selama setengah hari. Secara logis, sarapan membantu Anda tidak banyak mengkonsumsi kalori saat makan siang.
  6. Salad, alternatif makanan penurun berat badan. Salad kaya akan serat yang dibutuhkan individu yang sedang menjalani diet. Memang harus diakui, tidak semua orang menyukai salad. Karena itu, makanan kaya serat lain seperti roti gandum bisa menjadi pilihan.
Sumber: yahoohealth

0 komentar