Senin, 28 Mei 2012

Agar Tak Mudah Panik? Lakukan Ini

detail berita
BAGI beberapa orang yang mudah panik, ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengantisipasinya. Meskipun serangan panik tidak berlangsung lama, tetapi merasakan panik sangat mengganggu dan tak nyaman.

Serangan panik adalah luapan kecemasan yang sangat tinggi. Serangan ini timbul tanpa tanda-tanda dan tidak dapat diduga dan cenderung terjadi di tempat umum seperti supermarket yang penuh pengunjung atau dalam lift yang padat.

Gejala timbul tiba-tiba dengan rasa sulit bernapas, nyeri dada, palpitasi, merasa melayang dan pusing, berkeringat, gemeteran, dan ingin pingsan.

Walaupun terasa sangat tidak enak dan menakutkan, serangan panik biasanya berlangsung hanya dalam beberapa menit, tidak menimbulkan bahaya fisik, dan jarang berhubungan dengan suatu penyakit fisik berat.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi rasa mudah panik, sebagaimana dipaparkan Dr Mirriam Stoppard dalam bukunya yang berjudul "Panduan Kesehatan Keluarga".


Olahraga Rutin dan Teratur
Olahraga bermanfaat untuk mengalihkan pikiran dan meredakan stres mental. Olahraga juga meningkatkan aliran darah ke otak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa joging selama 30 menit tiga kali sepekan sama efektifnya dengan psikoterapi dalam penanganan depresi dan memberi manfaat yang sama bagi Anda.

Jika bisa, buatlah rutinitas olahraga yang teratur, seperti berjalan, berenang, bersepeda atau olahraga lain. Mulailah secara bertahap.


Hindari junk food dan batasi gula
Hindari junk food dan gula, tapi sebaliknya, tambahkan asupan sereal gandum, sayuran, buah, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan ikan.

Asam amino tritofan terbukti dapat meredakan kecemasan dan sumber alami triptofan berupa kalkun, ayam, ikan, kacang polong, dan selai kacang.

Makanan-makanan itu sebaiknya disertai karbohidrat seperti kentang, pasta, atau nasi yang memfasilitasi pengambilan tritofan oleh otak.


Aromaterapi
Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami panik, ada baiknya jika Anda membawa wewangian aromaterapi, misalnya parfum dengan aromaterapi. Anda dapat menyemprotkan wangi aromaterapi pada kain atau tisu saat bepergian dan menghirupnya saat merasa tegang.


Minum jahe
Jahe dan gingseng dapat memberikan efek menenangkan.


Konseling
Serangan panik mungkin gejala yang menandakan adanya masalah di mana lampau yang dapat diredakan dengan konseling atau terapi psikologis.

0 komentar