Rabu, 30 Mei 2012

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh



VITAMIN C bukanlah asupan yang sulit didapat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu memerangi radikal bebas. Berdasarkan penelitian pada 1999 di Amerika Serikat, Vitamin C juga dapat mengurangi risiko kanker, gangguan pembuluh darah, dan katarak.

Penelitian yang dilakukan baru-baru ini juga menunjukkan manfaat Vitamin C yang berasal dari buah dan sayuran. Manfaat yang paling terlihat adalah untuk menurunkan tekanan darah. Sayangnya, kebanyakan orang mengabaikan manfaat Vitamin C.

Mengingat pentingnya asupan itu bagi tubuh, ada empat tips untuk meraup keuntungan Vitamin C:

1. Makan buah dan sayuran mentah sesering mungkin. Jika diolah, beberapa kandungan penting dalam buah dan sayuran akan berkurang.

2. Mengonsumsi jeruk di pagi hari akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, konsumsilah jeruk setelah memastikan perut sudah terisi. Mengonsumsi mangga dan kiwi di sela waktu istirahat juga akan sangat membantu meningkatkan asupan Vitamin C dalam tubuh.

3. Nikmatilah makan siang dengan crudite sebagai makanan pembuka. Crudite merupakan makanan Prancis yang terdiri dari sayuran dan buah, seperti brokoli dan paprika merah. Kedua bahan makanan itu mengandung antioksidan tinggi.

4. Konsumsi sayur yang telah difermentasi seperti kimchi. Kimchi merupakan makanan fermentasi tradisional Korea yang terbuat dari kubis. Kandungan Vitamin C di dalamnya sudah memenuhi setengah kebutuhan Vitamin C manusia dalam satu hari.

0 komentar