Sabtu, 07 Juli 2012

Apa Itu Kopi Putih?


SELAMA ini masyarakat hanya mengenal minuman kopi memiliki warna hitam, sekarang banyak orang mulai mengenal kopi putih.

Kopi putih merupakan bagian dari kopi akibat proses pemanggangan serta memiliki rasa yang khusus, berikut ini ada beberapa asal muasal kopi putih seperti dilansir Ehow

Definisi
Kopi hitam menggambarkan setiap jenis kopi yang sudah dipanggang dan hasilnya memiliki warna gelap pada kopinya, sementara itu kopi putih sangat berbeda dengan kopi hitam terlebih bicara soal prosesnya, kopi putih menghasilkan rasa lebih ringan. Kopi putih berasal dari Ipoh, Malaysia, kopi putih diseduh untuk mengurangi beberapa jumlah kafein asli pada kopi.

Sejarah
Para pemilik rumah kopi Thong Lian mengembangkan kopi putih di sebuah kota Ipoh di Malaysia pada abad ke-20. Para pemilik ingin memberikan kopi ke pelanggan agar terkesan unik, perlahan mereka juga meneliti dengan cara yang berbeda untuk menyeduh kopi jenis baru. Akhirnya mereka mengembangkan kopi putih yang mulai berada dalam permintaan di sekitar daerah Ipoh. Perlahan kopi putih telah mendapatkan popularitas di negara-negara seperti Australia, Inggris dan Amerika Serikat.

Racikan kopi
Kopi putih dan kopi hitam menggunakan jenis biji kopi yang sama, proses pemanggangan kopi putih dibedakan dari jenis lain dari kopi. Kopi putih biasanya dimulai sebagai Robusta atau biji kopi Arabika seperti kopi hitam, dengan kopi hitam, biji kopi dipanggang dalam jumlah variable waktu, tergantung pada kekuatan minuman yang diinginkan dan dicampur dengan margarin dan gula. Kopi putih diolah dengan margarin untuk memberikan rasa pada kopi panggang agar lebih ringan. Faktor lain adalah rasa kopi putih memiliki waktu lebih singkat dari campuran kopi hitam. Proses pembuatanmnya lebih pendek sehingga memiliki lebih banyak kafein.

Warna dan Rasa
Kopi putih sebenarnya tidak putih, setelah diseduh ke dalam cangkir kopi, kopi putih memiliki warna menyerupai kopi yang jauh lebih ringan dari jenis kopi lainnya, warnanya cokelat lebih terang. Kopi putih rasanya seperti pengganti kopi, ada juga yang menyebutkan rasanya lebih murni.

Makna lain
Di Amerika Serikat, kopi putih memiliki arti lain, orang mungkin menggunakan kopi putih untuk mengganti minuman kopi lainnya, di dalamnya telah diberikan krim, susu dan non dairy creamer, oleh karena itu disebut sebagai kopi cahaya.


source

0 komentar