Jumat, 13 Juli 2012

Efek Setelah Merokok 15 Tahun atau Lebih


Pertanyaan:

Pagi, Dok. Saya telah mulai merokok sejak usia 17 tahun. Saat ini, saya masih merokok dengan intensitas yang rendah. Bagaimana ya cara menghilangkan kebiasaan ini? Sekarang, saya merasa bila beraktivitas, nafas saya semakin sesak dan sulit. Apakah itu jadi tanda bila paru-paru saya sudah rusak? Terima kasih. 

Danny K., Tangerang - 32 tahun


Jawaban:

Selamat pagi juga, Pak Danny. Perlu diketahui, bahwa asap rokok mengandung zat kimia beracun buat paru-paru. Selain itu, dapat pula mengakibatkan beberapa penyakit di paru seperti kanker paru, bronkitis kronis dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis, yang gejalanya sesak napas dan mudah lelah bila aktivitas.

Efek tersebut akan muncul setelah merokok 15 tahun atau lebih. Jika cepat berhenti merokok, kerusakan yang terjadi masih ada kemungkinan pemulihannya. Anda masih cukup muda, sebaiknya segera periksakan paru-paru anda ke dokter paru dan segera berhenti merokok, agar efek rokok yang berat tidak terjadi. 

Untuk berhenti merokok, ada banyak kiatnya antara lain, niat yang kuat, berusaha mencari kesibukan dan pengganti rokok (misalnya permen), hindari lingkungan yang merokok, dll. Jika perlu bantuan, bisa datang ke klinik berhenti merokok di rumah sakit.



dr Zubaedah, SpP

0 komentar