Rabu, 11 Juli 2012

Olahraga Malam Hari Akibatkan Paru-Paru Basah?



Pertanyaan:

Saya sering beraktivitas olahraga badminton di malam hari. Rekan olahraga saya sempat berhenti bermain bulutangkis karena paru-paru basah. Apa benar olahraga malam menyebabkan paru-paru basah ya, Dok? Menurut beberapa teman, penyakit paru-paru basah itu tidak ada. Bagaimana mendeteksi dan mengatasi masalah paru-paru basah ya, Dok? Mohon dijelaskan, terima kasih.

Kuntoro Sismadi, Cilegon - 33 tahun


Jawaban:

Salam untuk Bapak Kuntoro. Penyakit paru-paru basah merupakan istilah orang awam dan memang tidak ada dalam istilah medis. Perlu diketahui, bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh kuman, bukan akibat olahraga malam, yang sekaligus juga dipicu oleh daya tahan tubuh yang lemah sehingga mudah terkena penyakit.

Dalam kategori medis, penyakit sejenis dikenal sebagai pleuritis serosa ataupleuritis exudativa. Serta tergolong sebagai bentuk penyakit paru-paru yang serius. Bagi penderita yang telah dideteksi mengidap penyakit ini, tentu harus mendapatkan perawatan oleh dokter secara langsung.

Kondisi penyakit ini tipikal seperti flu, dan dapat berupa batuk, demam hingga kesulitan bernafas. Untuk dapat melakukan diagnosa secara tepat, maka perlu mendapatkan observasi oleh dokter spesialis paru-paru, sehingga akan dapat diketahui sejak dini.

Mekanisme penanganan penyakit tersebut, dikontribusikan pula oleh kondisi kesehatan secara keseluruhan serta faktor usia. Bentuk pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan cukup istirahat dan konsumsi makanan bergizi sehingga meningkatkan kemampuan daya dukung tubuh yang tinggi. Termasuk, menjaga kebersihan tubuh serta tidak merokok. (Zb)


dr Zubaedah, SpP

0 komentar