Minggu, 01 Juli 2012

Sulit Tidur? Hindari Kebiasaan Buruk Ini

detail berita
Wanita sulit tidur (Foto: Gettyimages)
KESULITAN memejamkan mata di malam hari sebenarnya banyak diakibatkan dari kebiasaan Anda yang buruk. Inilah beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari.

Menjaga kebugaran tubuh adalah hal yang penting dilakukan semua orang. Dengan kesehatan yang prima, berbagai kegiatan dapat dilalui berjalan lancar. Untuk itu, menjaga kesehatan menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi, salah satunya tidur di malam hari.

Sayangnya, banyak orang kesulitan melalui agenda ini. Alasan padatnya aktivitas sering memaksa kita untuk mengurangi jam tidur. Selain itu, ada pula beberapa kebiasaan buruk yang memengaruhi kualitas tidur Anda. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, bukan tidak mungkin stamina tubuh akan menurun. Agar Anda tak disulitkan lagi dengan istirahat yang kurang, hindari beberapa kebiasaan buruk berikut, seperti dilansir Marie Claire.

Jam tidur

Siapa bilang tidur cukup hanya untuk anak-anak? Berilah perhatian ekstra untuk waktu tidur Anda, terutama pada akhir pekan. Jika Anda terbiasa tidur pada pukul 23.00 atau 01.00, tentu akan sulit terbangun di pagi hari.

Membaca buku

Membaca sebelum tidur adalah kebiasaan buruk. Tubuh akan terbiasa pada rutinitas, sehingga Anda tidak akan mengantuk sebelum beberapa bab buku. Gantilah kebiasaan ini dengan berbaring di sofa yang nyaman atau membuka jendela daripada membaca. Tempat tidur seharusnya dibatasi untuk tidur dan seks saja.

Jejaring sosial

Cahaya dari layar komputer atau handphone akan menstimulasi otak. Hindari membuka jejaring sosial sebelum tidur karena Anda akan sulit menghentikannya. Berikan waktu pada diri Anda untuk terlepas dari segala jenis alat elektronik.

Alarm yang terang

Ada beberapa orang yang senang menyetel alarmnya dengan warna yang terang. Namun, cahayanya dapat mengganggu Anda saat tidur. Kuncinya adalah untuk membuat ruangan segelap mungkin. Alarm pada handphone juga dapat dijadikan solusi yang baik.

Memaksakan tidur

Saat Anda tidak dapat tidur, percuma berada di ranjang. Jika Anda telah mencoba tidur lebih dari 30 menit namun gagal, National Sleep Foundation menyarankan melakukan sesuatu seperti membaca atau menonton televisi. Aktivitas tersebut bakal membutuhkan energi yang besar untuk otak. Sebelum menyadarinya, kemungkinan Anda sudah tertidur pulas.

Olahraga

Berolahraga akan membuat Anda tetap segar dan terjaga dalam beberapa jam. Itulah sebabnya hindari berolahraga tiga jam sebelum tidur.

0 komentar