Rabu, 22 Agustus 2012

Khasiat Daun Kemangi


Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentangmanfaat daun kemangi yang merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi kita.

MANFAAT DAUN KEMANGIN UNTUK PENYEDAP MASAKAN

Salah satu manfaat daun kemangi dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk lalap. Daun kemangi memiliki aroma khas yang cukup kuat namun lembut. Daun kemangi sebagai lalapan sering disajikan bersama-sama dengan sambal, daun kubis, dan irisan mentimun.

KHASIAT DAUN KEMANGI UNTUK KESEHATAN

Khasiat daun kemangi untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya Adalah jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut ataupun bau badan, Anda dapat mengonsumsi lalap kemangi segar setiap hari secara rutin. Namun jika Anda kurang suka dengan rasanya, Anda dapat membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” mengatakan bahwakhasiat daun kemangi atau sari daun kemangi yaitu dapat menyembuhkan penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , membuktikan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, hingga penyakit ginjal.
Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan manfaat daun kemangi untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Daun kemangi sering disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi dimana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma. Namun, jika Anda adalah Ibu hamil jangan menggunakan minyak ini karena dapat menyebabkan resiko keguguran.

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung. Bahkan, bagi Anda yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan
.

0 komentar