Senin, 13 Agustus 2012

LunaScape : Peramban Canggih Dengan 3 Mesin Render


Lunascape adalah peramban alternatif yang canggih dan Lunascape adalah satu-satunya browser yang menggunakan 3 mesin render dalam satu perangkat lunak.

Masing-masing peramban memiliki mesin render sendiri. Mesin render ini berfungsi untuk melakukan merubah kode-kode penyusun web dan mengubahnya menjadi sebuah tampilan web yang indah.

Saat ini, peramban atau browser internet didominasi oleh the big five -Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Apple Safari dan Opera, masing- masing hanya menggunakan 1 mesin render saja.

Google Chrome dan Apple Safari menggunakan mesin bernama Webkit, Mozilla Firefox menggunakan mesin bernama Gecko, Internet Explorer menggunakan mesin bernama Trident dan Opera menggunakan mesin bernama Presto.

Berbeda dengan peramban lainnya, Lunascape menggunakan 3 mesin render yaitu Webkit (Chrome, Safari), Gecko (Firefox) dan Trident (IE) sekaligus untuk meningkatkan kompatibilitas peramban.

Pengembang mengklaim bahwa peramban Lunascape telah menggabungkan kelebihan dari berbagai peramban, sehingga dapat menampilkan web paling sempurna dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, penggunaan 3 mesin ini juga dapat membantu pengembang web untuk menguji tampilan webtanpa harus menginstal banyak software peramban.

Lunascape juga cukup pintar dalam menentukan mesin yang mana yang paling optimal digunakan untuk menampilkan situs web tertentu.

Lunascape memiliki fitur split tab display, yang memungkinkan Lunascape menjalankan ketiga mesinnya secara bersamaan dalam beberapa tab untuk mengunjungi web yang berbeda.

Hebatnya, peramban 3 mesin ini juga mendukung add-ons Firefox dan Internet Explorer selain plug-inmilik Lunascape sendiri.

Saat ini peramban Lunascape telah mencapai versi 6 dan menggunakan tampilan antarmuka baru bernama Orion yang minimalis dan mudah digunakan.

Lunascape tersedia gratis dan mendukung sistem operasi Windows XP SP1 atau lebih baru, Vista dan Windows 7. Sedangkan sistem operasi Mac dan Linux tidak didukung.

Peramban Lunascape berukuran 17 MB dengan mesin Trident secara default dan 46 MB untuk versi lengkap dengan 3 mesin didalamnya.

Anda tertarik untuk mencoba peramban ini? Anda bisa mengunduhnya disini

0 komentar