Selasa, 25 September 2012

Naskah kuno Tibet ditemukan di Lhasa


Spesialis kebudayaan di Tibet, Cina telah menemukan lebih dari 100 halaman naskah kuno Tibet yang dibuat pada abad ke-13.

Berdasarkan keterangan Tashi Gyatso, petugas resmi pada kantor kebudayaan Lhasa, dokumen yang berisi tentang obat-obatan tradisional Tibet dan agama ini ditemukan minggu lalu pada sebuah kuil di wilayah Nyemo, di bagian luar Lhasa.

Berdasarkan Xinhua, Gyatso mengatakan bahwa petugas kebudayaan lokal saat ini berusaha memasukkan dokumen langka ini pada daftar warisan budaya Cina yang sudah hampir punah.

"Halamannya banyak yang terlepas dan dokumen ini tidak lengkap," katanya, seperti dilansir olehTimes of India.

Dokumen kuno ini ditulis menggunakan tinta hitam pada kertas yang terbuat dari serat kayu. Meskipun begitu, tulisan pada dokumen ini masih bisa dibaca. Walaupun bahasa yang ditulis adalah bahasa Tibet, namun nomor yang ada pada tiap halaman naskah ini ditulis dengan angka Cina.

"Dokumen ini dibuat pada jaman Dinasti Yuan (1271 - 1368), hampir 800 tahun yang lalu," kata Pempa Tsering, seorang pengamat literasi Tibet yang berasal dari Lhasa.

Hingga saat ini, telah ada 853 peninggalan budaya yang ditemukan di Lhasa. Kantor kebudayaan berusaha membuat daftar barang-barang kebudayaan yang langka ini untuk selanjutnya akan disimpan dengan baik.

0 komentar