Minggu, 21 Oktober 2012

Kala Google Menyatukan Bahasa Dunia yang Hampir Punah



Google sepertinya akan menyelamatkan sejumlah bahasa dunia yang 'sekarat' dan hampir punah. Google baru saja mengumumkan kehadiran proyek Endangered Languages. 

Proyek ini merupakan hasil kerja sama Google dengan para ahli bahasa dan ilmuwan lain seperti para sosiolog dan antropolog. Di website yang diluncurkan Kamis (21/6), pengguna dapat menemukan, berbagi dan menyimpan informasi mengenai bahasa dan dialek yang sudah hampir punah.
"Orang-orang dapat berbagi pengetahuan dan meneliti langsung melalui situs tersebut serta tetap up to date," ungkap Project Manager proyek ini, Clara Rivera Rodriguez dan Jason Rissman di-posting-an blog Google.

Pengguna, misalnya, bisa mendengar lagu-lagu sendu dalam bahasa Koro, membaca manuskrip dari abad 18 dari suku asli Amerika.

"Beragam kelompok kolaborator untuk proyek ini sudah mulai memberikan kontribusi konten, mulai melalui manuskrip abad ke-18 sampai ke perangkat modern seperti sampel video dan audio dari bahasa-bahasa langka," tambah mereka.

Tujuan utama dari proyek itu adalah menyatukan usaha-usaha pelestarian bahasa di dunia di bawah naungan Google.

"Dengan menjembatani usaha-usaha dari seluruh dunia, kami berharap bisa membuat kemajuan penting dalam melawan ancaman terhadap bahasa-bahasa langka," tambah Rodriguez dan Rissman.


source

0 komentar