Selasa, 02 Oktober 2012

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

detail berita

KEBANYAKAN masyarakat kota mengonsumsi jagung sebagai bahan makanan selingan. Namun rupanya, jagung memiliki banyak manfaat sehingga tidak akan rugi bila Anda rutin mengonsumsinya setiap hari.

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang lezat, jagung dapat dimasak dalam berbagai cara.

Anda dapat mengonsumsi jagung manis dengan dimakan langsung dari batangnya setelah direbus atau dibakar, atau memasukan biji-biji jagung sebagai hiasan nasi goreng. Selain itu, biji-biji jagung juga dapat ditumis dengan bawang merah dan cabai untuk membuat sajian tumis yang sehat.

Hal terbaik dari biji jagung bukan hanya tentang rasanya yang menggugah selera, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan  tubuh. Berikut beberapa manfaat penting jagung bagi kesehatan, sebagaimana dilansir Boldsky.
 
Melancarkan pencernaan

Jagung mengandung serat sehingga bermanfaat besar bagi sistem pencernaan. Selain itu, jagung bisa mencegah sembelit, wasir, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Sumber mineral

Setiap butir kuning jagung mengandung banyak sekali ragam mineral, seperti magnesium, tembaga, besi, dan paling penting fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang dari keretakan karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi normal ginjal.

Merawat kulit

Jagung kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap muda lebih lama. Terlepas dari konsumsi secara teratur, jagung dapat diaplikasikan sebagai minyak jagung merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Pati jagung juga berguna menenangkan iritasi kulit dan ruam

****

APAKAH Anda tahu bahwa jagung sangat penting dikonsumsi ibu hamil? Ya, pasalnya jagung memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh.

Jagung merupakan penganan yang kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat. Jagung bermanfaat banyak bagi kesehatan, seperti perawatan tubuh dengan pati jagung.

Jagung pun dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti anemia dan kolesterol dengan memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang diperlukan untuk hidup sehat.

Berikut paparan lanjutan mengenai manfaat jagung, sebagaimana dilansir Boldsky.
 
Penting selama kehamilan

Wanita hamil tidak boleh sampai lupa memasukkan beberapa menu jagung dalam makanan mereka. Pasalnya, asam folat yang terdapat dalam jagung sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayi. Sehingga kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi.

Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Manfaat jagung manis untuk mencegah bayi baru lahir kekurangan berat badan dan menghindari dari kecacatan lainnya.

Mencegah anemia

Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, manfaat kesehatan dari jagung manis karena kaya vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.

Mengontrol kolesterol
 
Kolesterol merupakan zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).  Peningkatan kolesterol jahat dikarenakan asupan makanan berlemak, melemahkan hati, dan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Vitamin C, karotenoid, dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

3 komentar