Senin, 01 Oktober 2012

Panduan jadwal makan untuk menguruskan badan




Melewatkan sarapan adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan berat badan bertambah. Selain itu ada pula kecenderungan menikmati snack malam hari yang juga membuat perut semakin membengkak. Daripada bingung, yuk simak jadwal makan yang benar untuk menguruskan badan seperti yang dilaporkan My Health News Daily  berikut ini.

Sarapan yang banyak
Menikmati sarapan dalam porsi besar ternyata disarankan oleh para ahli diet. Sebab sarapan banyak bisa memberikan energi cukup sampai siang hari. Namun ingat, batasi asupan karbohidrat karena itu bisa membuat tubuh menjadi malas.

Melewatkan sarapan
Kalau yang satu ini, sebaiknya dihindari jika memang ingin lekas kurus. Pasalnya, para ahli diet mengatakan orang yang melewatkan sarapan justru tiga kali lebih berisiko menderita obesitas.

Makan siang yang banyak
Selain sarapan, makan siang yang banyak juga dianjurkan kalau ingin kurus. Alasannya sederhana, energi dari makan siang itu masih digunakan untuk beraktivitas. Jadi ada kesempatan kecil lemak tetap tertimbun dalam tubuh

Snack sepanjang hari
Namanya snack, jumlahnya pasti sedikit. Sayangnya, tidak banyak orang bisa menentukan batasan kata sedikit itu. Padahal menikmati snack sehat sepanjang hari juga bisa membantu menyeimbangkan metabolisme daripada makan banyak dalam sekali waktu.

Makan malam yang banyak
Berbeda dengan sarapan dan makan siang, makan malam porsi besar justru sebaiknya dihindari. Sebab setelah makan malam biasanya tubuh sudah beristirahat. Lemak pun tidak terbakar dan menumpuk dalam tubuh.

Snack di antara makan besar
Nah, kalau memang Anda ingin menikmati snack, lakukan saja di antara jadwal makan besar. Misalnya di antara sarapan dan makan siang kemudian makan siang dan makan malam. Hal ini untuk mencegah makan berlebihan yang bisa berujung pada kegemukan.

Makan tengah malam
Sebenarnya tidak ada yang salah bangun tengah malam lalu makan. Namun cepat-cepat kembali tidur adalah hal yang fatal dilakukan. Sebaiknya tunggu beberapa jam setelah makan agar tubuh mencerna makanan yang Anda nikmati. Dengan demikian penimbunan lemak bisa dihindari.

Nah, itulah berbagai panduan jadwal makan untuk menguruskan badan. Beberapa ada yang sebaiknya dilakukan, sementara yang lain wajib ditinggalkan.

0 komentar