Kamis, 01 November 2012

Mengganti, Mengupgrade Memory Laptop



Bagaimana cara mengganti memory laptop? Bagaimana cara upgrade memory laptop?Itulah dua inti masalah yang sering muncul. Tidak mudah untuk mengerjakan hal ini, mengingat bahwa casing laptop lumayan ramping dan isinya sangat padat. Jadi dengan demikian prosesnya sedikit rumit dan harus dikerjakan dengan hati-hati. Pada artikel ini kita akan membahas kedua hal itu sekaligus yaitu cara mengganti dan mengupgrade memory laptop.

CATATAN :
Sebelum membeli memory, pastikan Anda tahu persis memory yang akan Anda beli. Artinya specification yang bagaimana yang didukung oleh Motherboard laptop Anda.
Oleh karena itu bacalah terlebih dahulu petunjuk tentang memory laptop yang ada pada manual book laptop Anda.
Pada umumnya laptop menggunakan modul memory SODIMM.
Jika Anda ragu menentukan memory yang akan dibeli, catatlah merk dan nomor seri laptop Anda dan perlihatkan kepada penjual laptop. Mereka akan memberi tahu model upgrade memory laptop Anda.

Kita andaikan Anda telah membeli sebuah memory yang lebih besar sehingga dengan mengganti memory lama Anda sekalian mengupgrade memory yang lebih besar. Dalam contoh ini saya menggunakan salat satu tipe laptop Toshiba yaitu Satellite 1625CDT.
Inilah langkah-langkahnya cara memasang memory laptop
Bukalah bateray laptop agar aman dari adanya listrik ketika Anda bekerja. Perhatikan dengan baik prosedur membuka bateray laptop karena ada beberapa yang melindungi bateray dengan dua pengunci. Letak dari bateray juga bisa berbeda pada tiap laptop. Pada umumnya berada dibelakang.


Buka sekrup cover penutup memory pada bagian bawah casing laptop. Lokasi memory setiap laptop sangat bergantung pada tipe laptop tersebut, demikian pula covernya. Jika Anda tidak yakin, lihat kembali buku manualnya, atau bertanyalah kepada orang lain yang punya pengalaman. Lihat gambar dibawah


Modul memory dalam tiap laptop ada yang ganda dan ada yang tunggal. Jika modulnya ganda maka itu berarti bisa memasang memory 2 buah sekaligus. Dalam contoh ini laptop hanya menggunakan satu modul memory. Siapkan memory pengganti yang nanti akan dipasang.

Buka pembungkus memory dengan hati-hati.


Buka memory lama dan pasang memory baru dengan hati-hati. Ingat! Jangan memegang bagian memory ataupun Motherboard yang bersifat penghantar listrik misalnya kaki komponen. Hal itu dapat merusak komponen karena tangan menusia juga mengandung listrik. Itu bisa membahayakan komponen bersangkutan.


Gambar dibawah ini menunjukkan memory yang sudah dipasang pada socketnya namun belum dikunci. Perhatikan bahwa ujung dari modul memory ada sebuah cap kacil yang biasanya untuk mengunci memory.


Tekan memory dengan hati-hati hingga terkunci pada tempatnya. Lihat caranya;


Setelah Anda yakin semua sudah terpasang dengan benar, tutup kembali dengan cover penutup memory lalu kuatkan dengan sekrupnya. Pasang kembali bateray laptop seperti semula.
Untuk melihat apakah kerja Anda berhasil silakan start komputer Anda dan setelah windows terbuka, klik kanan pada ikon [Computer] lalu pilih [Properties]. Besarnya memory akan terlihat disini.

Selamat bekerja, semoga Anda berhasil.
Untuk pembahasan lengkap, tentang artikel di atas, silahkan KLIK DISINI


source

0 komentar