Selasa, 01 Januari 2013

Tips bersihkan inbox dari email sampah


Mengatur kotak masuk di email pekerjaan adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Tak jarang seseorang menjadi kesusahan karena inbox mereka dipenuhi oleh email sampah yang tak berguna.

Baru-baru ini, sebuah workshop "The Secret to Getting Things Done, and Managing 100+ Emails a Day" yang diselenggarakan oleh Wendy Cole memberikan tips ampuh untuk membersihkan inbox dari email-email yang tak perlu. Berikut tipsnya, seperti dilansir oleh Times of India 

1. Hapus
Setiap kali melihat email, pastikan informasi tersebut diperlukan atau tidak. apakah informasi tersebut berkaitan dengan pekerjaan dan perlu Anda simpan? Jika tidak, langsung hapus.

2. Lakukan
Jika Anda bisa melakukan apa yang diminta dalam email itu dalam waktu dua menit, maka lakukan saat itu juga.

3. Pilih orang lain
Namun jika Anda tidak bisa melakukannya dalam waktu dua menit, atau jika Anda merasa tak sanggup melakukannya, langsung tunjuk orang lain. Pindahkan tugas tersebut pada orang yang bisa menanganinya.

4. Pilih waktu
Jika Anda bisa melakukannya, tapi tak mungkin secepatnya, maka sebaiknya sisihkan terlebih dahulu. Kemudian masukkan email tersebut dalam daftar 'to-do-list' Anda.

5. Kurangi beban inbox
Kurangi beban kotak masuk dengan membuat folder-folder. Masukkan email pada tiap folder yang berbeda agar Anda lebih mudah mengaturnya.

6. Email perhari
Usahakan Anda membaca semua email pada hari tersebut. Di akhir hari, jika bisa angka inbox berada di nol. Lakukan ini setiap hari.

Ketika memilah email, Anda harus tegas. Jangan terlalu lama ragu dan membuat daftar 'to-do-list' yang terlalu panjang. Segera buang email yang tak perlu, dan segera selesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan email tersebut.

0 komentar