Kamis, 23 Mei 2013

Bangunan Rumah dari Jerami & Kayu Habiskan Rp221 Juta


Sepasang suami istri di Wales, Inggris membangun sebuah rumah ramah lingkungan strukturnya terbuat dari kayu dan jerami sebagai penutup atapnya. Rumah ini benar-benar mirip seperti rumah Bilbo Baggins dalam film Hobbit.

Pasangan Charlie Hague dan Megan Williams memutuskan untuk membangun rumah yang nyaman bagi bayi mereka nantinya. Karena sebelumnya mereka telah menghabiskan waktu selama empat tahun untuk tinggal di gerobak yang dingin sebelum akhirnya mereka mendapatkan pekerjaan di lokomotif musim panas lalu.

Rumah ini dibangun diatas tanah milik orang tua Charlie Hague di Glandwr, sebelah barat Wales. Untuk pembangunannya diperlukan biaya sebesar 15.000 poundsterling atau setara Rp221 juta (Rp14.000 per poundsterling). Namun, pembangunannya terpaksa dilakukan tanpa izin perencanaan dari dewan lokal disana, sehingga membuat rumah ini akan ditarik oleh pemerintah.

Broker Country Council telah mengeluarkan pemberitahuan penegakan bahwa propertiini dianggap berbahaya. Mereka mengungkapkan rumah ini dapat merusak karakter wilayah pedesaan disana. Karena, banyaknya yang mempermasalahkan membuat pasangan ini memiliki harapan untuk mengajukan izin perencanaan retrospektif untuk dapat menyelamatkan rumah ini.

Dilansir DailyMail, Hague merupakan seorang pematung dan tukang kayu. Sehingga dirinya menggunakan kayu yang terdapat di lahannya sendiri sebagai bahan pembuat rumahnya. Rumah ini terletak di bawah lembah sebelah kolam kecil.

Hague berpendapat jika rumah ini dibangun di bawah sebuah lembah dimana tak seorang pun dapat melihatnya. Sehingga, ini tidak merugikan orang lain dan pembangunannya pun menggunakan bahan alami yang cukup banyak.

Dia menambahkan jika sangat sulit mendapatkan perumahan dengan harga terjangkau di Inggris dan mereka tidak mampu untuk membeli bahkan menyewa rumah di sana. Inilah satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hunian layak.

Bahkan, sebuah halaman Facebook dibentuk untuk menampilkan rumah ramah lingkungan ini untuk menarik ratusan pendukung sejak cerita kesusahan mereka muncul. Lebih dari 1.400 orang yang telah mengunjung halaman "Charlie and Meg's Roundhouse" ini sebagai ekspresi dukungan untuk rumah unik ini.

0 komentar