Sabtu, 05 Oktober 2013

Cara Melihat dan Mematikan Plugin yang Terinstal pada Browser Web


Cara melihat dan mematikan plugin yang terinstal pada browser web ini mungkin belum Anda ketahui. plugin browser web seperti Flash dan Java cukup berguna untuk menyediakan fitur tambahan untuk laman web tertentu. Meskipun begitu, fitur tersebut juga dapat memperlambat komputer Anda, dan juga meninggalkan lubang keamanan pada komputer Anda, terutama Java. Bacalah artikel ini untuk mengetahui cara mematikan plugin pada browser web.


Google Chrome
Google Chrome memiliki sejumlah laman chrome://pages tersembunyi yang dapat Anda akses. Ketikkan chrome://plugins pada address bar Chrome dan tekan Enter.

Laman ini akan menampilkan semua plugin browser aktif yang terinstal pada Google Chrome. Untuk mematikan plugin, klik pada link “Disable” dibawah plugin.



Pada pengaturan awal, banyak plugin hanya bisa berjalan dengan permission dari Anda. cara ini mencegah situs web dari mengeksploitasi plugin browser seperti Java.


Mozilla Firefox


Firefox membuat daftar plugin yang terinstal lebih mudah diakses. Untuk melihat daftar plugin yang terinstal, bukalah menu Firefox, klik “Add-ons”>”Plugins.”

Anda jiuga dapat mematikan plugin individual dengan mengklik tombol “Disable.” Untuk melihat informasi lebih lanjut dari plugin, klik tombol “Options.”



Laman plugin lama Firefox masih dapat Anda akses di about:plugins. masukkan about:plugins pada address bar Firefox untuk mengakses laman ini.


Opera

Opera membolehkan Anda melihat plugin yang terinstal pada opera:plugins.

Anda dapat mematikan plugin dari sini dengan menggunakan tombol “Disable,” sama seperti pada browser lainnya. Anda juga dapat mematikan dukungan semua plugin dengan cara menghilangkan tanda centang pada kotak “Enable plug-ins” atau menggunakan link “Refresh plug-ins” untuk membuat Opera mengenali plugin yang baru saja Anda instal.


Menghapus Plug-in

Anda mungkin meliha bahwa browser web tidak memiliki cara bawaan untuk menghapus plugin dari sistem Anda. tidak seperti Extensions atau Add-ons, plugin terinstal agar dapat digunakan pada seluruh sistem.

Untuk menghapus plugin, Anda harus membuka Control Panel Windows, dan mengakses “Uninstal or change a program,” mencari plugin tersebut, dan menghapusnya, sama seperti Anda menghapus program lain pada komputer Anda.


0 komentar