Rabu, 09 Oktober 2013

Lidah Buaya Dengan Segudang Manfaatnya




Tanaman yang sering ditemukan di pekarangan rumah ini ternyata memiliki segudang manfaat lho buat kita. Nggak cuma berlaku buat bagian luar tubuh, tapi bagian dalam tubuh pun bisa berguna. Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini juga bukan lagi sekedar bermanfaat untuk menyubur rambut, tapi juga ampuh dalam menyembuhkan luka, plus perawatan kulit.

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki tanaman ini, wajar kalau bangsa Mesir sampai menyebutnya tanaman keabadian. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyimpan air di daunnya yang berdaging sehingga memungkinkan untuk hidup di daerah dengan curah hujan rendah. Lalu, apa aja sih manfaat yang terkandung di dalamnya?

Yuk, kita mulai dari ujung kepala, yaitu rambut. Cukup dengan mengoleskan bagian dalam lidah buaya ke kulit kepala, ekstraknya dipercaya mampu menyuburkan dan menebalkan rambut. Lidah buaya juga diyakini bisa menghilangkan ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala. Jadi sangat baik, kalau Teman gunakan sebagai perawatan ekstra sebelum keramas.

Buat kulit, Lidah buaya dipercaya mampu merangsang detoksifikasi kulit, menghapus bekas luka dan tanda-tanda 'tak diinginkan' pada kulit, melembabkan, mengurangi peradangan, memperbaiki, meremajakan kulit, sampai menghilangkan jerawat. Kulit yang halus bercahaya bisa langsung Teman dapatkan dengan menggosokkan gel lidah buaya ke wajah. Dan buat yang berkulit kering, ekstrak minyak tanaman ini akan membantumu mendapatkan kulit yang normal, halus, dan mengkilap.

Lidah buaya juga merupakan pelembab kulit yang luar biasa karena memiliki kemampuan menyuplai oksigen ke sel-sel yang memperkuat jaringan kulit dan membantu menjaga kulit tetap sehat. Sebagai penyembuhan luka, seperti kulit yang lecet, terluka, terkena gigitan serangga, reaksi alergi, eksim, radang, dan psoriasis bisa diredakan dengan gel tanaman ini. Begitu juga dengan luka bakar, zat-zat yang terkandung di dalamnya meredakan radang dan rasa panas pada luka. Cukup oleskan gel ini pada luka bakar akibat sinar matahari atau yang biasa disebut sunburn, dengan bertahap dapat membantu kulitmu kembali normal.

Sedangkan bagian dalam tubuh, jus lidah buaya - atau kamu juga bisa memakannya langsung - memiliki fungsi beragam. Sebagai contoh detoksifikasi. Tanaman ini merupakan penawar racun alami, dan mineral serta vitamin di dalamnya dapat membantu tubuh mengatasi stres. Lidah buaya juga bisa dijadikan obat diabetes. Setengah sendok jus tanaman lidah buaya yang rutin dikonsumsi selama 14 hari terbukti mengurangi gula darah sebanyak 45%.

Dan buat kamu yang memiliki masalah pencernaan, jus lidah buaya yang dikonsumsi secara rutin akan membantu sembelit karena kandungan pencahar alaminya. Selain itu tonik lidah buaya juga sangat baik bagi sistem reproduksi wanita. Sebagai tambahan, sama halnya dengan manfaat buah, lidah buaya dapat dijadikan antioksidan yang penuh zat kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. 


0 komentar