Jumat, 11 Oktober 2013

Sejarah Kamera Di HP

Dulu orang tidak pernah berpikir bahwa HP dan kamera bisa menjadi satu, tapi sekarang HP masa kini tentu sudah dilengkapi kamera, bahkan hingga yang kelas menengah bawah. Teknologi kamera HP juga terus berkembang, baik resolusi, Software maupun sensornya. Padahal, dulunya HP memang hanya menjadi alat komunikasi semata, hanya bisa telepon dan SMS saja. Dan berikut sejarahnya teknologi kamera di dalam hp anda.

1993 : Awal HP Berkamera

Adalah seorang seniman sekaligus penemu, bernama Daniel A. Henderson yang telah mencatatkan lebih dari 26 hak paten atas hasil karyanya. Pada tahun 1993. dia berhasil menciptakan terobosan baru di dunia telekomunikasi, yaitu membuat sebuah HP memiliki fungsi baru. yaitu kamera.

Hingga sekarang, HP berkamera pertama di dunia ini, masih tersimpan di The Smithsonian National Museum of American History. Sebagai rintisan, tentu saja fungsi kameranya masih terbatas untuk foto dan video sederhana. Tak ada fitur untuk berbagi data hasil foto dan video.

1997 : HP Berkamera Dilirik Jepang

Muncul Philippe Khan, seorang pengusaha dan penemu teknologi yang mendirikan perusahaan Borland, salah satu pesaing Microsoft. Pada tahun 1997 Khan mengintegrasikan kamera dengan sebuah HP, dan menggabungkannya dengan Software buatannya, bernama PictureMail. Dengan Software PictureMail ini. HP dapat digunakan untuk mengirim gambar ke HP lain.

Saat itu Khan tidak mengetahui bahwa ada dua perusahaan besar yang sedang mengembangkan teknologi yang hampir serupa. Kedua perusahaan itu adalah raksasa teknologi asai Jepang, Sharp dan Kyocera. Saat itu Kyocera membuat sistem yang mendesain untuk video sharing. Sedangkan Sharp saat itu lebih fokus untuk bisa share gambar secara seketika.

2001 : HP Berkamera Pertama Dipasarkan

Akhimya Khan pun menawarkan teknologinya kepada kedua perusahaan tersebut, yang akhirnya dimenangkan oleh Sharp. Hasil kolaborasi itu kemudian diaplikasikan di kamera HP komersial pertama. J-SH04 atau J-Phone pada tahun 2001 di Jepang. Spesifikasi J-Phone adalah kamera beresolusi 110.000 piksel (0.1 MP), dengan sensor CMOS pada layar LCD 256 warna. J-Phone yang berdesain flip ini punya dimensi 127x39x17 milimeter dan memiliki berat 74 gram. Sukses J-Phone ini kemudian menginspirasi produsen HP lain untuk membuat HP kamera.

2002 : Kamera VGA Pertama ala Nokia

Setelah sebelumnya meluncurkan beberapa tipe HP yang masih monokrom dan belum berkamera, tahun 2002 Nokia menghadirkan HP berkamera VGA pertamanya, Nokia 7650. Resolusi kameranya 0.3 MP (640×480 pixel), dan belum mampu merekam video. Hasil foto warna bisa dilihat di layarnya juga sudah berwarna dengan resolusi 176 x 208 pixels, 2.1 inches (130 ppi). Nokia 7650 juga sudah dilengkapi album foto untuk melihat-lihat koleksi foto.

2003 : HP 1.3MP pertama

Pada October 2003, Samsung mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan HP pertama dengan kamera 1.3 MP. yaitu Samsung SCH-V420. Berdesain flip (lipat) yang banyak disukai saat itu, Samsung SCH-V420 yang berfrekuensi CDMA ini sudah dibekali fitur modern. Layarnya TFT LCD yang sudah mendukung 262 ribu warna. meskipun resolusinya masih rendah (176×220 pixel).

Spek lain adalah RAM 76MB dengan slot memory stick Duo max 128MB.

2004 : Vendor Seriusi Kamera HP

Sony Ericsson meluncurkan Sony Ericsson S700 yang berkamera 1.3MP dengan CCD. Desainnya bagus dan menyerupai model kamera saku digital yang juga sedang marak di pasaran. Hasil fotonya terbilang paling bagus saat itu, berkat teknologi Sony yang sudah berpengalaman di industri kamera. Merek lain seperti Nokia. Motorola dan Samsung segera mengikutinya dengan meluncurkan tipe yang sekelas. Tahun 2004 ini, Nokia menjadi merek yang menjual HP berkamera paling banyak di dunia. Padahal Nokia belum memiliki kamera HP terbaik.

2005 : HP atau Kamera Digital?

Di tengah trend kamera HP yang baru beresolusi 1.3MP. Samsung mengejutkan pasar denngan menghadirkan Samsung SCH-V770. HP berkamera 7MP yang dilengkapi 3x optical zoom dan autofocus. Benar-benar mirip kamera digital sesungguhnya dan tidak bisa diikuti pesaingnya. Meskipun penjualannya tak sukses Samsung SCH-V770 mampu mendongkrak citra Samsung sebagai vendor HP kelas atas.

Kamera Makin Bagus dengan 2MP

Tahun 2005 ini Sony Ericsson menghadirkan S750 yang terbilang sebagai kamera HP pertama yang memiliki autofokus dengan resolusi 2MP. Tahun 2005 Nokia memimpin teknologi kamera HP lewat Nokia N90 yang dibekali lensa profesional cari Zeiss dengan autofocus dan resolusi 2MP. dengan arah kamera yang bisa diputar-putar

2006 : Resolusi 3.2MP Muncul

Pada Juli 2006, Sony Ericsson menghadirkan HP dengan kamera serius. yaitu K800 yang dibekali Xenon Flash. Tipe ini sempat menjadi kamera HP favorit berkat kualitas kameranya yang sangat bagus saat itu.

Nokia juga menghadirkan HP berkamera kelas atas. Nokia N73, dengan resolusi 3.2MP. Lalu dilanjutkan dengan seri N93 yang sudah dibekali 3x Optical Zoom. Nokia N93 ini menjadi menjadi camcorder (kamera video) pertama yang dilengkapi lensa Carl Zeiss

2007 : Kamera HP 5MP dengan Xenon Flash

Nokia meluncurkan Nokia N95 beresolusi 5MP. juga Nokia N82 yang beresolusi 5MP plus Xenon Flash. Saat itu. perang ukuran megapixel terjadi antar merek, meskipun sudah diketahui bahwa megapiksel bukan satu-satunya penentu kualitas kamera. Tahun 2007 juga. Sony Ericsson meluncurkan Sony Ericsson K850 dengan resolusi kamera 5MP yang kurang bagus.

2009 : Sudah ada yang 12MP

Nokia terus membanjiri pasar dengan HP berkamera bagus. lewat N86 yang beresolusi 8MP Selain itu. ada juga HP berkamera 8MP lain. seperti Samsung Innov i850 dan Samsung M8800 Pixon, sehingga perang megapiksel makin terbuka.

Namun Samsung kembali mengejutkan pasar dengan menghadirkan kamera HP pertama yang beresolusi 12MP dengan lensa sudut lebar 28mm dan Xenon Flash, yaitu Samsung M8910 Pixon12.

2010 : Sensor Kamera Lebih Besar di Nokia N8

Berbagai kamera HP dengan resolusi tinggi dan hasil berkualitas, banyak dihadirkan tahun 2010. Yang menonjol adalah Nokia N8 yang memiliki ukuran sensor lebih besar, yaitu 1/1.83 inch. Resolusinya juga tinggi (12MP) dengan lensa Cari Zeiss autofokus dan Xenon Flash, serta mampu merekam video resolusi HD (720p@30fps).

2011 : Marak Kamera HP 8MP

Tahun 2011, kamera di HP sudah semakin bagus, yang dihadirkan vendor global. Rata-rata beresolusi 8MP. autofocus. dan LED Flash. Ada Samsung Galaxy S II. Sony Ericsson Xpe’ia Arc S, HTC Sensation XL. Meskipun memang belum ada yang memiliki hardware kamera yang menonjol seperti Nokia N8. Nokia juga menghadirkan N9 yang berkamera HP 8MP autofokus dan Dual LED Flash, namun tak ada hardware kamera yang terlihat di atas rata-rata.

2012 : Kamera HP 41 MP
Ketika di pasaran dibanjiri oleh HP berkamera 8MP. Nokia yang kembali menghentak pasar lewat Nokia PureView yang beresolusi 41 MP (efektif 38MP). Nokia juga punya Nokia Lumia 920 yang berkamera 8 MP, berlensa Cari Zeiss, dengan optical image stabilization, autofocus. dan dual-LED flash.

Sony meluncurkan Sony Xperia V yang berkamera 13MP dengan autofokus dan LED Flash. Fiturnya sangat lengkap, termasuk touch focus, panorama, image/video stabilization, dan mampu merekam video full HD 1080p©30fps.

Yang mengejutkan adalah gebrakan Samsung lewat Samsung Galaxy Camera GC100. Perkawinan smartphone android dan kamera digital ini tampil sebagai kamera saku digital yang dilengkapi kemampuan telekomunikasi termasuk internet HSDPA dan WiFi.

Kualitas kameranya tentu sangat bagus, dengan reolusi 16.3 MP, autofocus, 21 x optical zoom. pop-up Xenon flash. AF light, dan mampu merekam video Full HD 1080p@30fps. Selain itu. Samsung juga merilis Galaxy S III yang sangat laris, dengan kamera 8MP, autofokus. LED Flash.

2013 : UltraPixel HTC dan Kiprah Galaxy S IV


Hingga kwartal pertama tahun ini. tren pasar kamera HP masih didominasi resolusi 8MP dengan autofokus dan LED Flash, serta rekaman video HD. BlackBerry Z10 yang tampak disambut pasar secara meriah, juga berkamera 8MP autofokus dan LED Flash.

Adalah HTC One yang menawarkan teknologi baru untuk kamera HP, lewat UltraPixel. Ukuran pixel HTC One sekitar dua kali lebih lebih besar dibandingkan ukuran pixel normal di HP pintar lain, bahkan yang sekelas iPhone 5 dan Lumia 920. Semakin besar bentuk fisik ukuran pixel, cahaya yang ditangkap kamera akan semakin banyak. sehingga memungkinkan kamera menghasilkan gambar lebih terang di lokasi yang kekurangan cahaya. HTC mengklaim, ukuran pixel pada HTC One bisa mengumpulkan cahaya 300 persen lebih banyak dibandingkan ukuran pixel pada HP lain. Sayangnya, karena terbatas ukuran sensor dalam ruang HP pintar, HTC hanya bisa memasukkan jumlah pixel sebesar 4.3MP.

Ada pula yang sudah beresolusi 13MP seperti Sony Xperia Z dan Samsung Galaxy S IV. Dengan prosesor 8 core, Samsung Galaxy S IV bisa saja mengulang kesuksesan Galaxy S III yang telah terjual 50 juta unit di seluruh dunia.


0 komentar