Sabtu, 28 Desember 2013

Hal ini adalah cara beristirahat yang benar


Aktivitas yang padat setiap hari menuntut Anda untuk mempunyai energi yang luar biasa agar kesibukan Anda dapat terakomodir dengan baik. Namun sayangnya energi yang dimiliki manusia sangat terbatas sehingga Anda membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga yang berkurang. 

Menyadari akan hal itu, Anda pun berusaha untuk selalu menyelipkan waktu istirahat di sela-sela kesibukan yang padat. Namun sudahkah Anda beristirahat dengan benar?

Tinggalkan gadget Anda sejenak
Ternyata melepaskan mata dari layar gadget sejenak tidaklah cukup. Hal yang harus Anda lakukan adalah tinggalkan gadget Anda sejenak dan bergeraklah untuk mendapatkan udara segar dan juga membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Bersosialisasi
Saat tiba waktu istirahat di kantor, jangan hanya duduk diam. Bersosialisasilah dengan rekan kerja Anda. Penelitian menemukan bahwa ikatan sosial yang kuat di tempat kerja dapat memberikan suntikan semangat yang lebih untuk Anda. Badan segar dan produktivitas pun kembali menyala.

Beristirahatlah setiap 90 menit sekali
Penelitian menunjukkan bahwa setelah manusia bekerja selama 90 menit tanpa henti, pada menit berikutnya produktivitas mereka akan menurun. Oleh karena itu jangan tunggu badan Anda hingga merasa lelah baru Anda beristirahat. Istirahatlah setiap 90 menit sekali dan gerakkan tubuh Anda sesekali.

Perbanyak liburan
Pernahkan Anda menghitung berapa kali Anda berlibur dalam setahun? Bekerja terlalu keras tidak ada artinya apabila kemudian Anda jatuh sakit karena kelelahan. Sisakan sedikit dana untuk melakukan kegiatan liburan secara rutin. Liburan adalah cara yang efektif untuk menghilangkan stres, memperbaiki mood, dan membuat pikiran Anda menjadi lebih segar sehingga Anda lebih produktif dalam bekerja.

Maksimalkan tidur siang Anda
Tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, dan juga meningkatkan kreativitas Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menyisihkan waktu setidaknya 25-30 menit setiap hari untuk tidur siang. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya tidur di malam hari tidak terlalu cukup untuk mengembalikan tenaga Anda yang hilang.

Cara di atas membantu Anda untuk mengevaluasi apakah cara Anda beristirahat selama ini sudah benar atau belum. Jadi, apakah Anda sudah beristirahat dengan benar?



0 komentar