Jumat, 07 Maret 2014

Langkah mudah untuk hindari mabuk perjalanan


Hingga saat ini masih banyak orang yang mengalami mabuk selama perjalanan. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak gerakan kendaraan yang membuat kepala pusing dan membuat isi perut bergejolak. 

Tak hanya perjalanan darat, mabuk perjalanan juga bisa dialami mereka yang menggunakan transportasi udara atau transportasi air. 

Apakah Anda bisa mengalami hal ini? Coba ikuti tips sederhana ini seperti dilansir dari healthmeup.com.

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi
Makanan yang dikonsumsi turut mempengaruhi apakah Anda akan mengalami mabuk perjalanan atau tidak. Jika Anda akan bepergian jauh, hindari makanan yang terlalu berat, berminyak, pedas, atau memiliki aroma yang kuat. Namun ketika Anda merasa lapar di tengah perjalanan, sebaiknya pilihlah untuk mengonsumsi roti atau biskuit. Sebab makanan tersebut lebih mudah untuk dicerna.

Pilihlah letak kursi yang tepat
Jika Anda rentan mengalami mabuk perjalanan, maka pilihlah letak tempat duduk yang membuat Anda nyaman. Jika Anda menggunakan kendaraan darat, sebaiknya pilih untuk duduk di kursi bagian depan. Namun apabila Anda menggunakan pesawat, pilihlah kursi yang terletak di dekat pintu darurat sebab kursi tersebut memiliki jarak yang lebar. Sementara jika Anda menggunakan kapal, pilihlah tempat duduk di kabin yang rendah dan dekat dengan pusat kapal.

Mengunyah jahe
Jahe dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menyembuhkan mual. Mengonsumsi jahe atau makanan yang mengandung jahe akan membuat Anda lebih tenang serta mampu menghindarkan dari gangguan penyakit selama perjalanan.

Jangan membaca
Ketika Anda membaca di atas kendaraan, maka mata Anda berusaha dengan keras untuk tetap fokus pada tulisan. Sementara tubuh Anda masih bergoyang-goyang. Hal inilah yang akan meningkatkan risiko untuk mabuk.

Lihatlah pemandangan di luar kendaraan
Jika Anda merasa bosan dan ada kemungkinan untuk mabuk, cobalah untuk melihat pemandangan di luar kendaraan. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih rileks dan mencegah Anda untuk pusing.

Perjalanan dapat menjadi hal yang menyenangkan. Oleh karena itu hindarilah hal-hal yang dapat mengganggu perjalanan Anda seperti mabuk perjalanan dengan tips sehat di atas.

Selamat mencoba!

0 komentar