Kamis, 17 April 2014

Mencegah Komputer anda Dihack Orang Lain


Tidak terhitung sudah berapa banyak komputer yang diretas setiap harinya. Pemandangan seperti ini bukan fenomena baru sebab setiap komputer memiliki celah keamanan. Mereka yang jago ngehack adalah orang-orang yang jago menemukan kelemahan tersebut. Ada banyak alasan mengapa orang meretas komputer orang lain. Yang paling umum adalah untuk mencuri data pribadi. Mendapatkan data dari orang penting atau orang yang memilik banyak uang tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi si hacker. Beberapa hacker juga meretas sistem untuk melakukan tindakan kriminal, sementara yang lainnya melakukan hal tersebut hanya untuk menguji kemampuan mereka. Pada beberapa kasus, kita bisa menghentikan aktivitas hacking sebelum terjadi.

Beberapa Cara untuk Mencegah Komputer anda Dihack

Secara umum, target dari hacker adalah orang populer, orang yang memegang jabatan, memiliki banyak uang, memiliki jaringan yang luas, dll. Singkat kata, target mereka umumnya adalah orang-orang yang mampu mendatangkan keuntungan bagi si hacker. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah komputer anda dihack oleh orang lain. Pertama, jangan ijinkan orang yang anda curigai mengakses komputer anda. Hacker tidak selalu orang di dunia maya yang tidak dikenal. Bisa jadi hacker tersebut adalah teman anda sendiri. Ilmu hijacking bisa dipelajari oleh siapa saja, jadi berhati-hatilah sekalipun terhadap teman dekat anda sendiri. Jika anda sering memakai internet, pakai ISP pribadi, jangan share koneksi internet anda dengan orang lain.

Selain itu, proteksi komputer anda dengan password yang orang lain tidak mudah menebaknya. Jangan memilih password yang merupakan tanggal lahir, nomor telepon, atau semacamnya. Hacker bisa mengenali newbies atau pengguna pemula lewat gerak-geriknya dalam memakai komputer. Jika anda merupakan tipe orang yang suka mengunduh aplikasi gratis secara sembarangan, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Virus bisa saja diinjeksikan ke dalam program yang diunduh melalui internet. Ini merupakan salah satu cara mudah bagi hacker untuk meretas komputer anda. Berkenaan dengan password, harap ganti secara reguler. Apakah anda tahu key logger? Itu juga merupakan salah satu cara orang untuk mencuri data pribadi anda.

Tips Memilih Antivirus Terbaik

Pasanglah antivirus terbaik yang bisa mendeteksi adanya keylogger di dalam sistem. Keylogger bisa merekam password anda dengan mudah. Oleh sebab itu, jangan pernah lengah saat anda memakai koneksi internet atau komputer orang lain untuk membuka akun pribadi. Misalnya saja saat anda berkunjung ke warnet. Jika anda merasa ada yang tidak beres, hindari masuk ke dalam akun online anda melalui komputer tersebut karena bisa saja akun anda dibobol. Hindari memakai password yang sama untuk setiap akun online. Banyak orang yang ingin lebih praktis sehingga memakai username dan password yang sama untuk akun facebook, twitter, paypal, gmail, dsb. Ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Kenapa? Karena satu saja dari akun tersebut berhasil dibobol, maka semua akun anda dalam posisi tidak aman. Pilihlah password berbeda untuk setiap akun. Jika anda bingung menghafalnya, catat di dalam secarik kertas dan simpan dengan aman. 



0 komentar