Facebook tidak dapat dipungkiri merupakan situs jejaring sosial terbesar di dunia saat ini. Dengan pengguna lebih dari 750 juta orang di seluruh dunia, Facebook telah berkembang menjadi sebuah gaya hidup manusia modern. Beragam hal dapat dilakukan secara sosial di situs ini, dari sekedar bercerita hingga berbagi beragam konten multimedia. Social gaming juga menjadi salah satu fitur yang digandrungi saat ini. Tidak heran jika perusahaan game raksasa seperti Electronic Arts atau Square Enix tertarik untuk mengembangkan konten di Facebook karena potensi keuntungan yang ada. Namun anehnya, seberapa keras pun mereka mencoba, mahkota raja social gaming di Facebook sulit terlepas dari kepala Zynga.
Hampir semua pengguna Facebook tentu mengenal siapa itu Zynga. Perusahaan publisher ini memang menelurkan begitu banyak game populer di Facebook, sebut saja Farmville, Castleville, CityVille, Mafia Wars 2, hingga Zynga Poker. Walaupun hadir dengan sistem permainan yang begitu sederhana, game-game ini berhasil membuat jutaan orang teradiksi. Dari data terakhir yang dihimpun oleh AppData, game CityVillemembukukan kurang lebih 10 juta user aktif per haridengan kurang lebih 50 juta user aktif setiap bulannya. Wow! ini menjadikannya sebagai game Facebook nomor satu saat ini. Di posisi kedua? Ditempati oleh game Facebook Zynga yang lain – Farmville dengan 30,9 juta user aktif dalam satu bulan. Electronic Arts terdepak ke posisi ketiga dengan hanya 30,4 juta user untuk Sims Social mereka.


Statistik lain juga tidak kalah mengejutkan. Tercatat kurang lebih ada 4 juta user yang login secara bersamaan di CityVille pada jam-jam puncak permainan. Zynga juga mengklaim bahwa ada lebih dari 1 milyar koneksi antar user telah tercipta di game ini. Jika Anda termasuk gamer yang memiliki stereotip bahwa gamesederhana seperti ini akan lebih menarik gamer wanita daripada pria, statistik justru memberikan data yang membantah hal tersebut. Kurang lebih 41% gamer Cityville merupakan pria. Wow!
Dengan pengguna yang luar biasa masif, tidak heran jika Zynga seolah tak tergeserkan dari puncak dominasi social gaming di Facebook. Percaya atau tidak, keluarga “Ville” ini berhasil membuat nilai perusahaan Zynga meroket kencang dari tak bernilai hingga menjadi USD 20 Milyar hanya dalam waktu lima tahun. Sebuah unjuk kekuatan akan potensi sebuah jejaring sosial di dunia maya. 10 juta user per hari untuk Cityville? Ini bahkan mengalahkan jumlah online player Modern Warfare 3 dan Battlefield 3!


Source: VentureBeat