Jumat, 27 Januari 2012

10 Prediksi Teknologi Mobile di 2012


Memasuki hari keempat di tahun ke 2012 setelah masehi, banyak prediksi-prediksi mengenai apa jadinya dunia teknologi di tahun naga ini nantinya.

Berikut ini adalah 10 prediksi di ranah gadget pada tahun ini.

1. Perilisan beberapa handset dengan teknologi 3D yang lebih maju. 
Kemungkinan untuk munculnya handset dengan kemampuan layar 3D ini sangat besar mengingat LG dan HTC sudah merilisnya terlebih dulu tahun lalu. Yang paling ditunggu utamanya adalah Samsung Galaxy S III dan mungkin juga iPad 3, apalagi 3D dirasa pas dengan nama dua handset tersebut.

2. CEO RIM akan di pecat.
Bisa keduanya, bisa juga salah satu karena dinilai telah gagal membawa RIM untuk berkompetisi dengan pemain lain, utamanya Android dan iOS.

3. Berbekal kemenangan-kemenangan dari vendor Android, Apple kemungkinan akan langsung menuntut Google. 
Tuntutan Apple itu akan sangat tergantung dari hasil perseteruan Google dengan Oracle. Jika Oracle menang maka akan memperbesar peluang Apple untuk maju menuntut Google.

4. Ponsel Nexus dengan Jellybean pertama akan dirilis oleh HTC. 
Selain mengulang kembali kemesraan ketika merilis Nexus One, HTC juga akan menggunakan prosesor TI OMAP untuk pertama kalinya dan meninggalkan Qualcomm. Sementara untuk tablet Nexus akan dipercayakan kepada Samsung. Sebenarnya tidak hanya HTC yang berpeluang untuk membuat ponsel Nexus, Motorola dikabarkan juga menjadi kandidat kuat pembuat Nexus mengingat sudah dibeli oleh Google.

5. MetroUI dimana-mana.
Di suatu waktu pada pertengahan 2012, Microsoft di percaya akan merilis handset berbasis Windows 8 dan menyatukan seluruh ekosistem mereka dengan tampilan ala MetroUI, baik di smartphone, PC, dan Xbox 360. Penyatuan ini akan memudahkan pengembang karena nantinya satu aplikasi akan bisa digunakan untuk bermacam gadget.


6. Perseteruan Google dan Oracle berlanjut hingga sepanjang 2012 
dengan hasil akhir adalah pemberian lisensi dengan membayar denda atau ada kompromi bisnis lainnya. Jika nantinya Google menang, Android akan menjadi proyek besar terakhir yang menggunakan Java karena Oracle akan dipaksa untuk menjual Java ke Google.

7. Mobile gaming akan lebih matang dengan perilisan game-game yang lebih baik secara grafis dan gameplay
Meningkatnya level mobile gaming juga ditentukan oleh semakin bertenaganya hardware dari smartphone itu sendiri.

8. Samsung akan menggunakan hubungan mereka dengan Intel dan Microsoft dalam pengerjaan tablet Windows 8 untuk membuat Google menyetujui tablet ''Nexus'' pertama dengan prosesor Intel Atom.

9. Tahun 2012 akan menjadi tahun terakhir update terbaru dari platform OS Nokia (Symbian) yang mana kemungkinan namanya adalah Carla dan Donna.
Carla diprediksi akan rilis pada pertengahan tahun sedangkan Donna kemungkinan di akhir tahun atau awal tahun 2013 dan menjadi yang pertama dengan dukungan prosesor dual core.

10. Apple merilis iPhone 5 (atau apapun nanti namanya) dengan perubahan besar-besaran disisi desain dan hardware - software 
seperti yang mereka lakukan ketika memperkenalkan iPhone 4. Rumor tahun lalu mengenai wujud dari iPhone 4S kemungkinan akan terjadi tahun ini, seperti layar lebih lebar (3,7''-3,9''), resolusi layar yang lebih tinggi lagi, lebih tipis, kamera dengan kemampuan lebih baik, tombol home yang berubah menjadi touchpad, SoC A6 dengan kemungkinan quad core atau dual core dengan speed lebih cepat, dan iOS 6.

0 komentar