Kamis, 05 Januari 2012

Enam Cara untuk Berhenti Merokok

KITA semua memiliki keputusan untuk memulai kehidupan yang baru pada tahun baru. Berhenti merokok bukanlah pengecualian dari itu semua. Tapi, faktanya, meski hal ini sesuatu yang paling umum diucapkan, hanya empat dari sepuluh perokok yang bisa memenuhi janjinya. Bahkan, enam di antaranya butuh usaha yang sangat keras untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.

Statistik ini dipublikasikan pada pres rilis American Lung Association. Para ahli mengatakan, usaha yang kuat untuk berhenti merokok dapat menjadi awal dari kesuksesan memenuhi janji Anda. Tahun baru menjadi saat yang tepat untuk merencanakan niat ini. Berikut beberapa tips agar lebih mudah melakukannya.



1. Jika Anda menemukan kesulitan menemukan cara untuk berhenti merokok, berkonsultasilah pada dokter.

Apalagi saat ini pemasaran obat farmakologikal  sudah sangat berkembang dan dapat mengatasi penderitaan Anda.

2. Pilihlah hari di mana Anda akan bercerai dengan rokok, lalu tandai pada kalender

Cobalah untuk memulainya pada akhir pekan, ketika tingkat stres tidak terlalu tinggi dibandingkan pada hari kerja. Analisalah hari-hari ketika Anda merasa sangat membutuhkan rokok. Coba untuk membayangkan bagaimana mengatasi situasi itu atau bagaimana memperbaiki kebiasaan buruk itu. Misalnya dengan pergi bersama orang-orang yang tidak menyukai rokok dan menggantinya dengan minum teh atau justru dengan berolahraga ringan.

3. Olahraga setiap hari atau cukup dengan berjalan kaki

Fitnes dan udara segar dapat memperbaiki mood dan menambah energi. Dan berjalan kaki menjadi cara yang ideal untuk menghilangkan stres setelah Anda memutuskan untuk menigggalkan rokok. Lebih baik jika Anda juga melakukan diet sehat, banyak minum air putih dan cukup tidur.

4. Jangan meminta teman, kolega, atau keluarga untuk menolong Anda

Akan sangat sulit untuk fokus selama beberapa hari pertama Anda meninggalkan rokok. Terutama untuk tampil percaya diri di depan rekan-rekan kerja Anda tanpa merokok sebagai rutinitas seperti sebelumnya.

5. Cari orang yang berpikiran sama

Hal ini lebih mudah untuk mendukung niat Anda berhenti merokok ketika berada di tempat kerja.

6. Temukan motivasi Anda

Haruskah kita membicarakan tentang kesehatan? Dan bagaimana dengan pendapatan finansial Anda? Kebahagiaan keluarga yang tidak akan lagi khawatir dengan kesehatan Anda? Waktu yang luang yang dapat Anda habiskan dengan keluarga, bermain dengan anak, dan berjalan-jalan bersama mereka ke taman? Temukan motivasi Anda dan mulai lakukan secara perlahan. Selamat mencoba! 

sumber

0 komentar