Rabu, 04 Januari 2012

Keindahan Yang Tersembunyi Di Gunungkidul


Keindahan di Gunungkidul 300x200 Inilah Keindahan Yang Tersembunyi di Gunungkidul
















MESKI dikenal sebagai wilayah kering dan tandus,Gunungkidul ternyata menyimpan keindahan air tejun di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi sawah hijau. Air Terjun Sri Gethuk di Desa Wisata Bleberan, Yogyakarta, menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang dilewatkan.


Bebatuan di bawah air terjun membentuk undak-undakan layaknya kolam renang mewah yang menambah keindahan panoramanya. Gemuruh aliran air terjun tak pernah berhenti di setiap musim. Berenang di sekitar air terjun menjadi hal yang tak boleh terlupakan.
Asal mula penamaan Air Terjun Sri Gethuk terbilang unik. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon, pada saat tertentu terdengar alunan suara gamelan dari arah air terjun.
Untuk menggapai lokasi air terjun bisa dilalui dengan dua cara, yaitu dengan menyusuri jalan setapak yang dikelilingi sawah hijau dan pohon kelapa, atau menaiki rakit melawan arus Sungai Oya yang dikelilingi tebing-tebing karst di sisi kanan kiri sungai.
Harga untuk naik rakit sebesar Rp 5.000/orang (pulang pergi) dan pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu. Nikmati pula pemandangan indah selama perjalanan. Wisata ini dikelola sepenuhnya oleh masyarakat Desa Bleberan.

0 komentar