Sabtu, 14 Januari 2012

Masa Subur dan Masa Tidak Subur Wanita

Masa subur wanita/perempuan, apa pentingnya?
Masa subur wanita perempuan
Masa subur adalah adalah waktu dimana diperkirakan akan terjadinya ovulasi pada perempuan/wanita. Yaitu keluarnya telur sehingga di perempuan dinyatakan subur dan siap untuk dibuahi oleh sperma.
Mengetahui masa subur wanita dan masa tidak subur ini penting. Terutama untuk kita yang sudah berkeluarga. Melakukan hubungan suami-istri dalam masa tersebut diharapkan lebih cepat hamil dan memiliki baby. Begitu pula bagi sebuah keluarga yang sudah memiliki cukup anak, ada baiknya menghindari masa subur istri. Agar anak tidak keluar terus hehe.

Cara mengetahui masa subur wanita/masa subur perempuan :
 
1. Sistem kalender
  • Bagi yang haid nya teratur,  masa subur terjadi pada hari ke 13-15 sebelum tanggal haid yang akan datang.
  • Bagi yang siklus haidnya tidak teratur. Pertama harus mencatat siklus haid yang telah lalu. Minimal 6 kali haid. Pada siklus haid dengan hari terlama dikurangi 11. Maka akan diperoleh hari/masa subur dalam siklus tersebut. Sedangkan siklus dengan jumlah hari terpendek dikurangi 8.  Dan juga akan didapat hari masa subur dalam siklus terpendek tersebut. Contoh : siklus terpanjang 31 hari – 11 = 20, sedang siklus terpendek  26 hari – 8 = 18. Berarti masa subur terjadi antara hari ke 18 sampai ke 20. Simple kan?
2. Metode tes lendir Metode tes lendir dilakukan untuk mengetahui perubahan serviks, yaitu dengan cara mengusap vulva (vagina bagian luar) dengan tisu. Yang perlu diuji meliputi 3 tahap yaitu sensasi, penampankan dan tes jari.
Masa tidak subur wanita
ilustrasi masa subur dan tidak subur

Sensasi yaitu dengan menguji rasa yang jelas. Lembab, kering, lengket, basah, licin, atau lubrikasi. Penampakan adalah tampilan dari serviks itu sendiri. Apakah putih, krem, buram, atau transparan. Tes jari yaitu menyentuh serviks dengan ujung jari. Mungkin elastis, atau mudah pecah, atau lembut, licin seperti putih telur yang mentah Selengkapnya tentang tes lendir bisa dibaca : http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/bagaimana-menentukan-masa-subur.html

3. Metode mengukur suhu tubuh Metode ini sedikit rumit. Pertama harus mengukur suhu tubuh si istri/wanita sejak hari pertama haid sampai haid berikutnya. Cek suhu tubuh ini dilakukan setiap pagi (baru bangun tidur). Dicatat setiap hari dan dihubungkan dengan garis seperti grafik. Masa subur adalah saat suhu tubuh akan naik 0.05-0.2 derajat celcius.

4. Simple pakai kalkulator masa subur

menghitung masa subur
calculator masa subur

0 komentar