Kamis, 02 Februari 2012

PowerTrekk Charger Tenaga Air Dari Swedia



Sebuah perusahaan Swedia berhasil menciptakan alat pengisi daya (charger) yang dapat melakukan pengisian ulang gadget dan perangkat elektronik (ponsel, kamera, iPad, Smartphone), dengan menggunakan air.

Seperti dikutip dari laman Dailymail, produk yang bernama PowerTrekk ini dirancang untuk orang-orang yang jauh dari jaringan listrik dan tidak memiliki akses ke listrik konvensional di lokasi terpencil.



Pengisi daya listrik ini hanya membutuhkan satu sendok makan air untuk memproduksi sekitar 10 jam masa pakai baterai telepon.



Alat ini bekerja melalui reaksi kimia. Air bereaksi dengan bahan khusus PowerTrekk yaitu, silisida natrium, untuk menghasilkan gas hidrogen.



Silisida Natrium adalah bubuk kimia baru yang telah dikembangkan oleh perusahaan energi Signa Kimia, yang berbasis di New York. PowerTrekk adalah produk komersial pertama mereka yang telah menggunakan natrium silisida.



Penemuan baru ini bekerja dengan semua perangkat yang memiliki port USB dan dengan hampir semua jenis air, termasuk air garam.



Produk ini pertama kali di pamerkan pada pameran Mobile World Congress di Barcelona tahun lalu. Namun, versi modifikasi dari teknologi ini telah dipamerkan di Consumer Electronics Show (CES) 2012 di Las Vegas.



Produk ini dijadwalkan akan meluncur ke pasar Eropa pada bulan Mei atau Juni dengan harga 199 euro (£ 165). Untuk biaya penggantian sel natrium-nya dikenakan biaya 2 euro (£ 1,60).

0 komentar