Kamis, 01 Maret 2012

Bentuk Taksi Masa Depan

bentuk taksi masa depanTaksi di New York (kota tersibuk di Amerika Serikat) dikenal dengan mobil kuning berbentuk sedan ortodoks. Sesuai perkembangan teknologi dan zaman, Negeri Paman Sam sudah memikirkan seperti apa bentuk taksi mereka dalam 10 hingga 20 tahun ke depan?


Untuk mengetahui gambarannya, Komisi Persatuan taksi di New York atau The New York Taxi and Limousine Commission (TLC) menggelar program Taxi of Tomorrow via internet. Semua desainer diperbolehkan menunjukkan kreasinya untuk menciptakan bentuk taksi masa depan.


Dari ribuan gambar yang masuk, terdapat satu yang terbaik dan diberi nama UniCab. Bentuknya sangat berbeda dengan taksi sedan konvensional. Kabinnya terkesan kotak dan mampu menampung empat orang dewasa secara nyaman, plus paket hiburan
infotainment untuk mendukung kegiatan penumpang selama perjalanan.

Di dalam kabin, posisi duduk yang nyaman dengan jendela yang lebar membuat perjalanan di dalam taksi jadi lebih menyenangkan. Arah jalan ditunjukkan melalui sistem
global positioning system (GPS) yang terdapat di konsol utama.

Kelebihan lain, taksi ini juga nyaman untuk digunakan sehari-hari oleh para penyandang cacat berkursi roda. Sayang, desain yang sudah baik ini tak dilengkapi dengan imajinasi mengenai spesifikasi mesin yang akan digunakan.


Dari bentuknya, mesin yang cocok untuk digendong di balik kap mesin adalah jenis hibrida. Jenis mesin itu dipilih agar sesuai dengan semangat masa depan yang mengutamakan energi "hijau".


kompas.com

0 komentar