Minggu, 18 Maret 2012

lightRadio WiFi, Jadikan Koneksi Tanpa Log-in



lightRadio WiFi besutan Alcatel Lucent adalah sebuah sistem atau solusi WiFi yang memungkinkan pengguna WiFi bisa otomatis terkoneksi ke suatu jaringan, tanpa perlu melakukan log-in. Hal ini dimungkinkan karena lightRadio merupakan solusi WiFi yang terintegrasi.

"Sekarang yang ada adalah solusi WiFi yang tidak terintegrasi, sehingga ketika terkoneksi WiFi di suatu tempat, orang harus memilih SSIDs (Service Set Identifier) dan melakukan otentifikasi terlebih dahulu," kata Rama Agung, Customer Solutions&Sales Support Director Alcatel-Lucent Indonesia, di Hotel Mulia, Senin (20/2/2012).

"Yang terintegrasi akan berbeda. Bila masuk ke suatu hotspot area, pengguna akan langsung terkoneksi dengann WiFi yang ada dan tidak perlu memasukkan user name dan password atau memilh SSIDs karena sudah otomatis mengenali kartu SIM yang dipakai," tambahnya.

Selain itu, dia menambahkan, misalkan ketika mengakses WiFi dan jaringan yang dimasuki dioperasikan oleh operator yang sama dengan kartu SIM pengguna, sesi data bisa berjalan tanpa biaya. Selain itu, bila ternyata koneksi tersebut merupakan koneksi berbayar, pengguna tetap akan bisa tersambung tanpa harus mengetik cara pembayaran.

Senada dengan Rama, Fryandi Ramada, Network Architect dari Alcatel-Lucent Indonesia mengatakan, "Semuanya sudah sesuai dengan kartu SIM yang digunakan. Misalnya bila menggunakan kartu SIM dari Indosat, maka akan langsung mengidentifikasi jaringan WiFi melalui profil pengguna dalam kartu SIM tersebut. Bila paket data dari operatornya free,maka akan langsung otentifikasi."

Jika ada banyak, memilih SSIDs internet di sebuah hotspot memang seringkalli merepotkan, apalagi ketika sinyal hilang harus berganti ke SSIDs yang lain dan memasukkan user name serta password. Namun, melalui solusi tersebut orang dapat berpindah secara otomatis ke sebuah jaringan yang aman. lightRadio WiFi juga memungkinkan perpindahan antara jaringan 2G, 3G, 4G (LTE) dan WiFi. Namun belum memungkinkan untuk EVDO.

"Jika jaringan congested, lightRadio akan menawarkan penggunanya untuk berpindah ke WiFi atau sebaliknya berpindah dari WiFi ke 3G, sesuai dengan keadaan jaringan," tandas Fryandi.

Untuk mengoptimalkan kinerja jaringannya, penyedia layanan bisa mengintegrasikan lightRadio WiFi dengan Service Router 7750, Dynamic Service Controllet 5780 yang dilengkapi perangkat lunak Automatic Network Discovery and Selection Function (ANDSF), serta small atau metro cell berbasis WiFi.
http://techno.okezone.com/read/2012/02/20/54/579197/

0 komentar