Jumat, 22 Maret 2013

Langkah Tepat Bersihkan Freezer Tanpa Merusaknya


FREEZER cenderung menjadi salah satu bagian dapur yang sering diabaikan. Karena selalu beku, freezer tidak mudah berbau. Masalahnya, ketika Anda ingin membersihkan, kondisiya sudah sangat kotor.

Berikut cara membersihkan freezer tanpa merusak bagian-bagiannya, seperti dilansir Howtocleanstuff:

Keluarkan isi freezer

Jelas, sulit membersihkan freezer yang berisi banyak makanan. Anda perlu mengeluarkan semua makanan di dalamnya. Buang yang sudah lama tersimpan, yang rusak, atau yang sudah tidak ingin dimakan lagi.

Jika freezer Anda tergolong besar dan berisi banyak makanan, maka simpan sementara di freezer lain karena membutuhkan waktu lebih lama membersihkan freezer yang masih berisi makanan. Atau, simpan di lemari pendingin jika hanya beberapa barang, tentunya dengan suhu yang cukup dingin. Jika freezer dan lemari pendingin jadi satu kulkas, maka segera gunakan makanan yang mudah rusak, seperti susu dan telur, sebelum Anda membersihkannya.

Buang bunga es freezer

Setelah makanan dikeluarkan, jauhkan dari dinding dan buka tutup pintu freezer. Menghilangkan bunga es bisa memakan waktu setengah jam hingga sejam, tergantung pada sebarapa banyak bunga es yang menumpuk pada dinding bagian dalam freezer.

Jangan biarkan freezer begitu saja ketika bunga es mulai mencair karena bisa terjadi penumpukan air pada bagian bawah freezer. Sebaiknya segera lepaskan dan buang bunga es yang mulai longgar dari dinding freezer menggunakan spatula. Gunakan sendok atau ember kecil untuk mengeluarkan genangan air yang tertampung di dalam freezer. Usapkan handuk untuk menyerap sisa air dan peras di wastafel.

Untuk mempercepat proses pencairan, gunakan pengering rambut atau dua mangkuk air mendidih untuk menghangatkan bunga es. Dan, sebaiknya tutup pintu freezer saat menggunakan cara ini. Anda harus berhati-hati jika menggunakan kedua cara ini, jangan sampai melukai diri sendiri. Jika khawatir, maka gunakan cara lama.

Lap freezer

Setelah semua makanan dan bunga es keluar, Anda bisa dengan mudah membersihkan dinding atas, samping, dan bawah freezer. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bersihkan sisa sayuran atau makanan lainnya yang menempel, singkirkan dengan tangan atau gunakan sarung tangan karet jika Anda tidak ingin menyentuhnya langsung.

Untuk menyeka sisa tumpahan makanan, gunakan air hangat atau cairan cuka pada dinging dan sisi bawah freezer. Cara termudah, isi wastafel atau mangkuk besar dengan air hangat dan cairan pembersih lalu celupkan spons atau kain setiap kali Anda selesai mengusap dinding freezer. Jika terdapat rak di dalam freezer, maka keluarkan dan cuci di wastafel.

Pastikan bilas dengan bersih sisa penggunaan cairan cuka agar tidak ada sisa yang melengket pada permukaan freezer. Jangan lupa bersihkan bagian dalam dan luar pintu freezer serta bagian atas dan luar freezer.

Untuk sela-sela freezer yang sulit dibersihkan dengan spons atau kain, gunakan sikat gigi. Jika terdapat noda membandel, maka celupkan terlebih dahulu sikat gigi ke dalam larutan pemutih dengan perbandingan 1 pemutih dan 3 air. Larutan ini juga berguna untuk menghilangkan jamur.

Menghilangkan bau

Setelah freezer bersih, hilangkan bau dengan cara menggosok area permukaan freezer dengan campuran air dan baking soda. Anda dapat mencegah freezer beraroma tidak sedap dengan segera membersihkan tumpahan makanan atau membuang makanan yang rusak setiap pekan.

Keringkan freezer

Gunakan lap kering atau tisu dapur untuk mengeringkan bagian dalam dan luar freeer. Masukkan kembali rak yang telah dicuci dan dikeringkan ke dalam freezer.

Anda juga bisa melapisi dinding freezer dengan menyemprotkan cooking spray tanpa rasa atau gliserin. Cara ini berfungsi agar bunga es tidak dapat menempel pada dinding dan proses pencairan bunga es tidak sulit.

Masukkan kembali makanan

Bila Anda meletakkan kembali makanan ke dalam freezer, atur susunan penyimpanan agar Anda tidak sulit mengambil makanan yang diperlukan. Misalnya, dengan meletakkan daging, sayuran, dan kotak makanan pembuka di tempat yang sama.

Bila perlu, tulislah daftar makanan dan tanggal memasukkannya ke freezer agar Anda tahu apakah makanan tersebut sudah lama atau baru. Jadi, Anda tidak ragu untuk menyingkirkannya jika memang sudah lama di freezer.

Jika Anda tidak suka menyusun makanan, maka pertimbangkan untuk membeli makanan kemasan, seperti sekaleng jus. Ini sangat membantu menyimpan makanan yang berukuran kecil. Dan ingat, jika Anda menyusun makanan, letakkan makanan berat di bagian bawah. Ini untuk mencegah makanan tumpah dari kotak dan tas kemasan rusak atau terbelah.

0 komentar