Kamis, 29 Maret 2012

Merawat Rambut dari Bahan Alami



BAHAN-BAHAN alami yang ada di sekitar kita dapat bermanfaat untuk merawat keindahan rambut. Inilah beberapa bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan untuk ramuan rambut sehat dan indah.

Jika tak sempat ke salon, merawat rambut di rumah sendiri pun dapat dilakukan dengan mudah. Caranya, pilihlah bahan alami yang ada di sekitar rumah untuk diolah menjadi nutrisi bagi rambut. Nah, tertarik mencobanya? Berikut referensi seperti dirilis Mom & Kiddie.

Seledri

Bahan ini bisa dijadikan alternatif bahan alami untuk menjadikan rambut indah. Seledri terbukti efektif merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut serta mengatasi kerontokan.

Penggunaannya sederhana yaitu daun seledri yang sudah ditumbuk dibalurkan ke kulit kepala.

Cara lain, ambil daun seledri secukupnya dan tambahkan sedikit air, masukkan ke dalam blender, haluskan. Setelah itu sari seledri diambil dan dioleskan pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 30 menit sesudah itu keramas hingga bersih. Pemakaian secara rutin selain bisa menyuburkan rambut juga bisa menghitamkan rambut.

Minyak zaitun


Kandungan vitamin A dan E yang terdapat pada minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menyuburkan rambut.

Caranya dengan membalurkan minyak zaitun secara merata sehabis keramas, lalu diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas kembali rambut hingga bersih. Untuk hasil maksimal bisa digunakan dua kali sepekan.

Kemiri

Bahan ini bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Gunakan dengan menyangrai beberapa kemiri hingga hitam lalu tumbuk sampai halus, setelah itu baluri ke rambut secara merata minimal tiga kali sepekan. Hasilnya akan terlihat dalam beberapa bulan.

Kelapa hijau

Kandungan vitamin A dan E dalam air kelapa cukup efektif menghitamkan rambut, melembapkan rambut atau menormalkan rambut kering.

Caranya, air kelapa hijau langsung dibalurkan secara merata ke rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit, setelah itu bilas rambut hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal bisa gunakan satu pekan sekali.

Alpukat

Buah ini kaya kandungan vitamin A dan E sehingga buah ini juga memiliki kemampuan untuk melembapkan atau menormalkan rambut kering serta memicu pertumbuhan akar rambut dan menguatkannya sehingga rambut tak mudah patah.

Caranya ambil satu buah alpukat matang, kemudian blender atau haluskan alpukat, oleskan langsung ke area kulit kepala, tunggu selama 15 atau 20 menit. Untuk memperoleh hasil maksimal lakukan setiap satu-dua pekan sekali.

0 komentar