Jumat, 09 Maret 2012

Sauna Efektif Bakar Lemak & Bikin Langsing?

detail berita





KETIKA mendengar kata sauna, yang pertama kali terbayang adalah relaksasi dan bisa membakar lemak. Tapi apakah benar sauna dapat melangsingkan tubuh?

Sauna mengacu pada sebuah tempat atau ruangan yang dirancang untuk mengeluarkan uap dan mandi keringat. Orang yang bersauna duduk atau berbaring pada ruangan bersuhu 70 derajat Celsius. Suhu tersebut dapat menghasilkan keringat keluar dan perasaan rileks. Ada dua jenis sauna disebut sauna konvensional dan sauna inframerah.

Banyak perusahaan sauna menyatakan bahwa beberapa menit dari mandi uap, umumnya sekira 20 hingga 30 menit akan membakar kalori dan membantu Anda menjadi ramping. Orang-orang selalu mencari cara mudah untuk langsing dan memiliki minat besar terhadap mandi sauna. Sabuk sauna pun dipromosikan lebih luas dan dinyatakan dapat diletakkan pada daerah berlemak dan pada otot-otot.

Apakah sauna efektif melangsingkan tubuh? Berikut fakta-fakta yang dipaparkan Boldsky, Kamis (23/2/2012).

1. Sauna menghasilkan banyak keringat, tapi tak membakar lemak dan karbohidrat. Ini berarti, kenaikan berat badan karena air dapat membakar kalori, namun lemak atau karbohidrat masih akan tetap sama.

2. Sauna pelangsing atau pembakaran kalori tidak sama dengan pembakaran kalori saat berolahraga. Pasalnya, sauna tidak mengakibatkan otot menjadi kencang, tidak ada pengikisan lemak, dan tidak ada pembakaran di dalam tubuh yang merupakan hal-hal penting untuk menyingkirkan lemak secara permanen. Kalori yang terbakar saat sauna pun berkemungkinan tertimbun kembali dengan diet yang tidak sehat dan kebiasaan malas.

3. Sauna tidak berdampak pada denyut jantung, padahal tingginya denyut jantung adalah salah satu cara mudah membakar kalori. Jika tidak ada variasi apapun, maka menggunakan sabuk sauna seraya bersantai di rumah adalah sama seperti membodohi orang yang putus asa karena ingin langsing.

0 komentar