Senin, 23 April 2012

Kantor Pos Tertua Berada di Skotlandia


Meski kotanya kecil, Sanguhar memiliki arti besar bagi perkembangan peradaban manusia. Kota yang berada di wilayah Dumfriesshire, Skotlandia ini mulai berdiri pada abad ke-8 masehi. Di kota inilah surat menyurat menggunakan jasa pos dimulai. Warga Sanguhar pun sangat bangga dengan kotanya yang menjadi tempat kelahiran jasa pos.

Jika Anda mengirim surat atau kartu pos dari kota itu, Anda pasti akan mendapati kantor pos tertua di dunia. Di kota ini, kantor pos mulai beroperasi tahun 1712. Delapan tahun kemudian, atau tahun 1720 kantor pos lainnya berdiri di ibukota Swedia, Stocholm. Lalu, 60 tahun kemudian, kantor pos didirikan di kota Santiago Chile.

Sebagian pihak sempat menyebutkan bahwa kantor pos di Sanguhar ini merupakan kantor pos tertua di Britania dan didirikan tahun 1763. Namun menurut riset yang dilakuna oleh ahli sejarah pos, James Mackay, seperti ditulis Scotsman.com, terbukti kantor pos ini mulai berdiri tahun 1712. Karena itulah disebut sebagai kantor pos tertua di dunia.

Saat itu, kerajaan Inggris dengan kerajaan Skotlandia tidak bersatu. Aktivitas di wilayah perbatasan menjadi sagat penting dan menentukan bagi hubungan keduanya. Kirim-mengirim pesan pun menjadi hal penting bagi masyarakat kedua kerajaan di wilayah perbatasan. Kondisi inilah yang kemudian menginspirasi lahirnya layanan pos.

Di tahun 1712, layanan ini bernama Nithsdale cross-post. Layanan ini dijalankan oleh beberapa orang yang bersedia untuk mengirimkan pesan dengan berlari atau naik kuda. Lalu lintas surat ini dianggap efektf juga untuk membangun jaringan mata-mata di antara kedua kerajaan. Jasa ini dikelola oleh keluarga Crishtons. Kantor pos Sanguhar yang menjadi pusatnya, belakangan hari kemudian dikenal juga dengan sebutan the Royal Mail.

Dari sinilah kemudian jasa layanan pos berkembang ke seluruh dunia. Saat ini sudah terdapat jutaan kantor pos di seluruh dunia. Layanannya pun menjadi lebih beragam. Tak hanya mengantarkan surat dan paket, saat ini kantor pos juga melayani beberapa jenis pembayaran dan transfer uang.

0 komentar