Kamis, 17 Mei 2012

Gula Cespleng Redakan Tangis Bayi Sakit


Bayi menangis itu biasa. Namun, biasanya bayi akan terus menangis setelah di-imunisasi. Bagaimana cara meredakan tangisan bayi itu? Menurut analisis yang dipublikasikan di Archives of Disease in Childhood, sedikit gula bisa menenangkan tangisan bayi. Hanya butuh beberapa tetes atau sekitar setengah sendok teh gula untuk menenangkan bayi yang menangis setelah imunisasi.

Para peneliti dari Kanada, Australia, dan Brasil mengamati empat belas studi yang membandingkan efek analgesik dari sukrosa (gula pasir), glukosa, dan air pada bayi setelah imunisasi. Tiga belas studi menyebutkan, sesuatu yang manis dapat membantu menenangkan bayi usia 1-12 bulan.

Dari hasil studi tersebut, peneliti melakukan penghitungan sukrosa atau glukosa dapat mengurangi tangisan bayi selama 12 detik. Pemanis juga membuat bayi menjadi jarang menangis. Peneliti tidak bisa menentukan dosis optimal gula. Karena berbagai studi menggunakan volume, konsentrasi, dan jenis pemanis berbeda. Tidak ada satu pun dari studi itu yang melaporkan efek negatif dari gula.

Para ilmuwan sebelumnya menunjukkan, larutan yang manis dapat mengurangi sakit pada bayi baru lahir. Seperti kutipan Los Angeles Times, kini para dokter harus memperluas cakupan manfaat cairan gula untuk bayi hingga usia satu tahun.

0 komentar