Selasa, 29 Mei 2012

Klaim Salah Soal Vitamin

detail berita
SUMBER vitamin terbaik adalah yang alami. Konsumsi vitamin dalam bentuk tablet, sebenarnya tidak diperlukan jika pola makan sehat diterapkan.

"Dalam upaya menjaga kesehatan, masyarakat harus tahu mana yang benar dan mana yang tidak. Vitamin tablet yang dijual di pasaran sebenarnya itu tidak dibutuhkan, kalau kita menjalankan makan sehat. Vitamin-vitamin tersebut dijual dengan variasi harga. Iklannya macam-macam, sehingga masyarakat pun tercuci otak, jadi mengandalkan produk mereka. Bagaimanapun, sumber vitamin terbaik adalah yang alami," tutur Prof Dr Rianto Setiabudy, farmakolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam journalist workshop mengenai penggunaan obat yang baik dan benar di FX Senayan, Jakarta
 
Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk mempertahankan kesehatan dan bekerja sebagai kofaktor untuk enzim metabolisme.

"Penggunaan vitamin hanya bermanfaat kalau seseorang mengalami defisiensi vitamin tersebut. Bukan suatu kebutuhan yang esensial dari segi kesehatan," imbuh dosen Departemen Farmakologis FKUI ini.

Berikut klaim-klaim yang tidak benar mengenai vitamin yang dipaparkan Prof Rianto:

Menambah energi, tenaga, dan stamina


"Vitamin tidak bisa menambah energi, tenaga, dan stamina. Energi, tenaga, dan stamina yang baik bisa diperoleh dengan pola hidup sehat dan makan sehat. Tidur malam cukup, makan bergizi dan seimbang, serta olahraga."

Menambah nafsu makan dan berat badan


"Vitamin tersebut juga tidak menambah nafsu makan dan berat badan."

Mencegah flu


"Flu itu disebabkan oleh virus, tidak bisa disembuhkan oleh vitamin."

Berfungsi sebagai "sarapan kedua"


"Sarapan di pagi hari tidak bisa digantikan dengan hanya mengonsumsi vitamin tablet, harus tetap konsumsi makanan asli, karbohidrat, buah, sayur yang asli."

Mencerdaskan otak


"Tidak ada makanan yang dapat tiba-tiba membuat otak cerdas. Apalagi vitamin tablet."

Menambah kesuburan, misal vitamin E


"Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi masalah kesuburan. Ketahui penyebabnya, jangan lantas banyak-banyak mengonsumsi vitamin E tambahan dalam bentuk tablet."

Dapat menggantikan makanan yang sehat


"Bagaimanapun sumber vitamin terbaik dari yang alami. Sayuran, buah-buahan, daging, dan kacang-kacangan."

Sumber alami vitamin A adalah wortel, stroberi, tomat, paprika, bayam, ikan, susu, telur, dan keju.

0 komentar