Sabtu, 28 Juli 2012

Yang membuat Aman Berponsel di Atas Pesawat

Maskapai Virgin Atlantic memperbolehkan penumpang tetap mengaktifkan ponsel mereka saat terbang. Untuk mewujudkannya, mereka menggunakan sistem  yang bekerja menggunakan base station telekomunikasi kecil yang disebut picocell.

Picocell harganya tak terlalu mahal dan biasanya ukuran setebal satu rim kertas A4. Alat ini berfungsi sebagai menara telepon seluler mini untuk berkomunikasi dengan ponsel dalam pesawat dan menyampaikan sinyal ke satelit atau sistem di daratan.

Komunikasi antara picocell dan seluruh jaringan telepon pada frekuensi terpisah. Dengan begitu, tidak ada gangguan dengan peralatan pesawat seperti halnya dengan sistem telepon yang terpasang pada pesawat komersial.

Interferensi berhasil direduksi dengan baik  antara picocell dan ponsel ke tingkat yang sangat rendah. Khusus untuk kabin Kelas Satu, mereka mendesain ulang dengan 'pusat teknologi' untuk menghubungkan smartphone, USB, atau perangkat tablet.

AeroMobile, yang sebagian dimiliki oleh Panasonic adalah mitra dengan Virgin Atlantic pada proyek ini. Penumpang akan ditagih sesuai tarif biaya roaming internasional. Saat ini layanan diberikan kepada pelanggan yang menggunakan operator 02 atau Vodafone.

Sistem ini menawarkan setara dengan memiliki base station telecomms pada pesawat. Ini teknologi baru yang dirancang Inggris itu tidak mengganggu fungsi avionik.

AeroMobile dalam rilisnya mengatakan saat ini semakin banyak orang yang ingin tetap berhubungan dimanapun mereka berada, kendati mereka di udara. 'Kami menawarkan teknologi yang dirancang Inggris di seluruh dunia untuk membuat orang tetap terhubung," demikian pernyataan mereka.


source

0 komentar