Minggu, 30 September 2012

Facebook App Center diluncurkan


Pada awal bulan mei lalu, muncul satu rumor bahwa Facebook akan meluncurkan App Center yang berfungsi sebagai pusat aplikasi di dalam Facebook. Selama ini, banyak aplikasi bagus di Facebook yang tidak terdeteksi dikarenakan banyaknya aplikasi yang bermunculan setiap harinya.

Namun, hari ini (08/06), Facebook benar-benar menghapus kategori rumor untuk App Center tersebut. Facebook akhirnya meluncurkan Facebook App Center yang dapat diakses di laman situsnya secara langsung. Menurut yang diberitakan oleh Arstechnica.com, walaupun Facebook App Center ini merupakan satu tempat khusus untuk mengumpulkan berbagai aplikasi yang ada di dalam Facebook, namun Facebook tidak mempunyai program untuk menjual aplikasi atau software yang ada dalam daftar App Centernya tersebut.

Facebook App Center diciptakan hanyalah untuk membantu para penggunanya untuk mencari dan menemukan aplikasi yang diinginkan secara mudah, cepat, dan tepat. Pada saat pertama kali peluncurannya, telah terdapat sedikitnya 600 aplikasi menarik di dalam Facebook App Center. 

Laman khusus aplikasi besutan Facebook ini dapat diakses dengan menggunakan handset maupun PC secara mudah. Satu hal yang menarik dari Facebook App Center ini adalah ternyata laman untuk aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu untuk menemukan aplikasi-aplikasi di Facebook saja, melainkan juga dapat digunakan untuk mencari dan menemukan aplikasi atau software di luar Facebook. 

Seperti contohnya, untuk pengguna handset, Facebook App Center akan secara langsung mencarikan aplikasi yang sedang dicari oleh pengguna laman ini ke Google Play untuk pengguna Android atau Apple App Store untuk pengguna iOS. Namun tidak ada penjelasan mengenai bagaimana dengan pengguna operating system lainnya seperti Baidu, Windows Mobile, BlackBerry, Bada, Symbian, atau lainnya.

Untuk pengguna PC, Facebook App Center dapat segera memberikan daftar aplikasi atau software ke situs-situs terpercaya dan 'sehat' dengan cara mengintegrasikan account Facebook penggunanya dengan situs-situs yang dimaksud. Ketika berhasil mencarikan aplikasi atau software yang diinginkan, laman ini akan menampilkan screenshot, informasi, serta rating aplikasi atau softwaretersebut.

Walaupun Facebook telah mengumumkan peluncuran Facebook App Center ini, namun bukan berarti setiap pengguna Facebook di seluruh dunia dapat secara langsung menggunakannya. Untuk hari ini, Facebook App Center hanya dapat diakses dan dinikmati oleh pengguna Facebook di Amerika Serikat saja. Rencananya, Facebook App Center baru dapat dinikmati oleh semua pengguna Facebook di seluruh dunia beberapa minggu dari sekarang.


source

0 komentar