Selasa, 02 Oktober 2012

Aturan penting diet makanan mentah




Jika Anda berniat melakukan diet makanan mentah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Sebab tidak semua makanan bisa dinikmati tanpa dimasak. Simak aturan penting diet makanan mentah selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Riset lengkap
Diet makanan mentah pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan nutrisi penuh dari makanan. Konsumsi harian diet ini terdiri dari 75% makanan mentah dan sisanya matang atau setengah matang. Berbagai informasi mengenai laporan kesehatan, usia, jadwal olahraga, dan detail lain juga penting. Semua itu harus diperhatikan dengan melakukan riset lengkap. Dengan demikian diet makanan mentah bisa memberikan manfaat maksimal bagi Anda.

Adaptasi
Kalau Anda terbiasa menikmati hidangan matang, melakukan diet makanan mentah harus dilakukan secara perlahan-lahan. Hal ini dinilai penting untuk menghindari gangguan pencernaan. Sebab perut, usus besar, dan bagian pencernaan lain butuh adaptasi dalam mengolah makanan.

Peralatan dapur
Pastikan Anda juga menggunakan pisau, blender, dan alat dapur lainnya dalam keadaan higienis. Ingat, makanan mentah memang masih mengandung nutrisi utuh, namun ada kemungkinan banyak bakteri masih tertinggal. Pilih peralatan dapur yang murah, mudah dibersihkan, dan sederhana untuk mengolah makanan mentah Anda.

Menu makanan mentah
Pada awalnya, Anda mungkin akan kesulitan memadukan cita rasa diet makanan mentah. Namun jangan khawatir, ada banyak resep di buku atau internet yang bisa Anda gunakan. Meskipun dimakan mentah, makanan tetap harus lezat untuk menggugah selera bukan?

Sumber makanan mentah
Lalu, jenis makanan mentah apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam menu diet? Sayuran sudah jelas, terutama yang organik. Selain itu, Anda bisa menikmati kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah segar seperti kurma, kismis, nanas, kelapa, apricot, mangga, apel, dan banyak lagi.

Diet makanan mentah ini biasanya identik dengan pola makan vegetarian. Namun ada juga beberapa orang yang memasukkan menu daging mentah ke dalam menu diet mereka.

0 komentar