Selasa, 09 Oktober 2012

Cara pekerjaan membunuh Anda pelan-pelan


Berapa kali Anda pernah berpikir, 'Pekerjaan ini akan membunuhku'? Jika Anda sering melakukannya, bisa jadi pekerjaan memang tengah membahayakan kesehatan Anda. Berikut ini situs Business News Daily pun membeberkan cara pekerjaan membunuh Anda secara pelan-pelan.

Pensiun dini
Sebuah penelitian dari Austria membuktikan orang yang pensiun sebelum usia 67 tahun ternyata lebih cepat mati. Hal itu dikarenakan kebiasaan buruk seperti merokok, mabuk, makan sembarangan, dan jarang olahraga yang dilakukan.

Bekerja di tempat yang dibenci
Apakah merasa terjebak dengan pekerjaan yang salah? Jika iya, segera ubah profesi Anda. Sebab penelitian dalam jurnal Human Relations menyebutkan terpaksa bekerja bisa membuat stres. Lama-kelamaan, stres itu pun membunuh secara pelan-pelan.

Lembur
Kerja lembur dianggap buruk bagi jantung, demikian menurut studi dari Eropa. Jadi jangan kerja 10 jam atau lebih setiap harinya. Sebab itu bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 60%.

Perjalanan menuju tempat kerja
"Mobil dan kendaraan umum membuat orang stres, kurang tidur, dan lelah daripada mereka yang jalan atau naik sepeda kayuh untuk bekerja," terang peneliti Erik Hansson dari Lund University di Swedia. Jadi, kalau mau sehat, ayo jalan kaki atau naik sepeda kayuh saja saat bekerja!

Menganggur lama
Punya pekerjaan saja sebenarnya baik bagi kesehatan seseorang. Maka dari itu jangan membiarkan diri untuk menganggur terlalu lama. Hal itu bisa memicu gangguan fisik dan mental Anda.

Meninggalkan tidur siang
Kalau tempat kerja mengizinkan Anda untuk tidur siang, manfaatkan kesempatan itu. Pasalnya tidur siang terbukti baik untuk kesehatan jantung. Lagipula tidur siang tidak perlu terlalu lama dilakukan, 20 menit saja cukup!

Teman di kantor
Cara pekerjaan membunuh Anda pelan-pelan selanjutnya adalah melalui teman kerja. Meskipun mereka tidak membantu pekerjaan Anda, namun teman kerja bisa berfungsi sebagai pendukung moral. Studi dalam jurnal Health Psychology menyebutkan, seseorang yang percaya memiliki dukungan di tempat kerja punya usia lebih panjang.

Bergaul dengan atasan
Biasakan diri untuk akrab dan mencoba bergaul dengan atasan. Sebab perilaku tersebut lebih baik daripada menarik diri di tempat kerja. Selain itu, bergaul dengan atasan bisa menurunkan kadar stres Anda dalam bekerja.

Demikian berbagai hal tentang cara pekerjaan membunuh Anda pelan-pelan. Apakah Anda sekarang tengah merasakan salah satunya?

0 komentar