Senin, 15 April 2013

Mesin Pemotong Terbesar di Dunia

alat pemotong yang sering kita temui adalah gergaji baik itu gergaji mesin atau gergaji tangan. Semenjak hadirnya gergaji mesin, lambat laun gergaji tangan mulai ditinggalkan karena tidak efisien dalam segi waktu dan tenaga. Namun apabila kita ingin membelah batu, tanah, jalan, dan pohon menggunakan gergaji mesin sangat tidak efektif. Oeh karena itu diciptakan beberapa mesin raksasa yang dapat memotong benda-benda yang ukurannya lebih besar.

Berikut uniknya.com merangkum 5 Mesin Pemotong Terbesar di Dunia.


1. The Chain Trencher



Mesin potong ini terlihat lebih mirip dengan alat tempur penghancur. Namun sebenarnya mesin ini hanyalah sebuah alat penggali yang dapat memotong aspal dan jalan. Mesin ini dapat menggali hingga kedalaman 18 meter berkat gergaji raksasa yang terdapat pada bagian depan.

2. The Rock Wheel


Mesin ini merupakan paduan dari mobil traktor yang diberi tambahan roda baja bergerigi di bagian depan. Fungsi utama mesin ini adalah untuk memotong aspal, beton dan batuan padat. Roda baja dapat digerakkan naik turun, maju mundur bahkan berputar 360 derajat. Umumnya mesin ini digunakan oleh para penambang dalam mempermudah pekerjaannya.

3. The Forage Harvester


Mesin pemotong selanjutnya bukanlah mesin pemotong tangguh yang mampu memotong batu dan besi, namun mesin pemotong ini berguna untuk petani. The Forage Harvester merupakan mesin pemotong panen yang berguna untuk mempercepat pemanenan . Mesin ini mempunyai 8 roda yang disetiap rodanya terdapat pisau kecil yang mengelilinginya.

4. The TBM


TBM merupakan mesin raksasa yang dibuat oleh Amerika untuk melubangi bumi. Mesin ini mampu menggali sedalam 47 meter dibawah permukaan tanah. Beberapa sarana umum seperti stasiun bawah tanah, tol bawah tanah dan infrastruktur bawah tanah lain telah dibangun berkat jasa mesin ini.

5. The Continuous Miner



Mesin ini mampu membuat terowongan bawah tanah dengan cepat karena pisau raksasa yang mengelilingi roda bergerigi berputar dengan cepat sehingga menghancurkan segala sesuatu yang berada di depanya. Mesin ini basanya digunakan dalam proyek pembangunan jalan bawah tanah

0 komentar