Kamis, 16 Mei 2013

Tips Menghindari Dehidrasi


Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, maka dapat dipastikan kesehatan orang tersebut mulai menurun. Pada tahap dehidrasi ringan, kondisi tubuh akan mulai kehilangan rasa nyaman. Gejala tersebut ditandai dengan rasa lemas, cepat lelah, haus, hingga kram otot. Dehidrasi juga dapat menyebabkan rasa pusing di kepala saat berdiri, karena tekanan darahnya menurun. Jika sudah sampai tahap dehidrasi berat, maka seseorang dapat mengalami penurunan bahkan kehilangan kesadaran, hingga kerusakan otak.

Untuk menghindari gejala dehidrasi tersebut, berikut ini tips yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

Minum sebelum haus

Tubuh yang haus menunjukkan bahwa tubuh mulai mendekati kondisi dehidrasi. Pada umumnya, seseorang baru mulai minum jika dirinya sudah merasa haus. Kondisi tubuh yang sehat adalah kondisi dimana cairan tubuh dapat selalu terpenuhi. bahkan saat seseorang belum merasa haus sama sekali.

Utamakan air mineral, bukan minuman manis


Minuman yang mempunyai rasa manis memang dapat memberikan kesegaran disaat dahaga, namun minuman yang berasa manis juga dapat membawa kelebihan kalori yang dapat merugikan kesehatan. Akan lebih baik jika lebih banyak minum air mineral, dari pada minuman yang manis.

Bawa selalu botol air minum
Kebiasaan membawa air mineral dalam botol akan memberikan kesempatan kapanpun untuk memenuhi cairan tubuh. Kebiasaan tersebut juga dapat membantu untuk meminum air mineral secara teratur sebelum merasa haus

Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir dingin dari lemari es bukanlah ide yang bagus untuk dikonsumsi saat merasa haus. Alkohol hanya memberikan kesegaran di awal saja. Jika itu sering dilakukan, maka menyebabkan penyakit diuretik dan menyebabkan sering buang air kecil.

Buatlah jadwal pengingat


Saat seseorang terlalu sibuk beraktivitas, terkadang mereka lupa untuk tetap minum teratur. Aturlah waktu atau pengingat, misalnya menggunakan alarm untuk memberitahu saat waktunya untuk minum. Sangat berguna saat Anda membawa botol air minum yang dapat diisi ulang.


0 komentar