Jumat, 17 Mei 2013

Racikan Kopi Unik dari Penjuru Dunia


KESEDERHANAAN menyeruput kopi bagi penikmatnya bisa bermakna berbeda di seluruh dunia. Di negaranya masing-masing, kopi pun disajikan menurut tradisi tertentu.

Berikut negara-negara dengan tradisi minum kopi yang unik hingga modern, seperti diulas Smithsonianmag

Italia
Meskipun sebagian besar wilayah Italia berada di garis lintang utara sehingga kopinya tergolong lembap, kopi Italia berada pada posisi kopi yang diagung-agungkan serta disebut master kopi.

Dari negara inilah mesin espresso pertama kali diciptakan dan di sini pula para pencinta kopi dapat menemukan gerai dengan keunikanannya tersendiri, mulai dari Neapolitan bar yang menyajikan kopi dengan rasa lebih halus, sebuah kafe kecil tanpa nama di daerah terpencil Abruggio, ataupun kopi coklat-hitam terbaik yang mungkin belum pernah Anda temukan.

Jangan khawatir dengan kopi instan yang ditawarkan di beberapa kedai di Italia, karena itu serupa dengan kopi espresso. Tambahan susu, kopi mulai berbusa, krim dunia dari minuman kopi Italia terbuka lebar. Tidak diragukan lagi, pencinta kopi akan merasa kurang jika belum berkunjung ke Italia.

Ethiopia
Ethiopia merupakan jantung dari negara kopi, sebuah tanah asli untul genus Coffea dimulai di sini. Bangsa Ethiopia telah minum kopi lebih dari 1.000 tahun lalu.

Saat ini, kopi atau disebut ‘buna’ di Ethiopia masih dibuat dan disajikan secara tradisional dalam ritual sisi meja yang mengubah kacang dari ceri merah mentah kemudian dibakar. Proses ini dapat berlangsung lebih dari satu jam, tuan rumah membakar, menggiling dan merebus kopi sebelum disajikan.

Vietnam
Kebanyakan Anda bukan penggemar kopi manis, namun es kopi Vietnam lezat. Minuman kopi muncul di Vietnam dibawa oleh orang Perancis pada 1800-an. Pada masa itu, selera penduduk lokal dengan cepat membentuk interpretasi sendiri mengenai minuman ini.

Susu segar di Vietnam tidak seperti yang berasal dari sapi yang hidup di tanah rumput Perancis, sehingga cafe au lait membawa dampak pada perubahan yang tajam. Bangsa Vietnam menuangkan kopi mereka dengan susu kental manis kalengan dan disajikan bersama es batu.

Amerika Serikat
Amerika telah mendapatkan rasa yang sangat menyenangkan untuk cairan hitam dari mesin espresso. Tapi mesin pembuat kopi hampir selalu bisa ditemukan di kedai kopi pinggir jalan.

Anehnya, kopi berwarna seperti teh dan diseduh beberapa jam sebelumnya. Ini merupakan simbol Amerika yang menjadi kebanggaan. Pasalnya, Anda hampir selalu menemukan Mr. Coffee di mana-mana.

Ekuador
Masyarakat Ekuador biasa memesan cafe con leche, berisi susu panas mengepul yang disajikan di samping toples berisi butiran kopi instan. Bila Anda memesan cappuccino, bisa saja sang pelayan justru akan menyajikan mocha manis.

Yunani
Minuman kopi favorit di Yunani adalah frappe, dibuat dari kopi instan. Frappe adalah campuran buih susu, gula dan kopi instan, lalu disajikan dengan es.

Anda dapat menikmati minumannya dengan atau tanpa gula. Ketika musim panas di sana, es frappe menjadi pilihan favorit bangsa Yunani. Minuman ini, setidaknya merupakan satu kopi instan yang mudah disukai siapa saja.

Turki
Minuman favorit bangsa Turki adalah teh, yang disebut "chai," namun kopi juga tersedia di sini. Di Istanbul, espresso dan minuman sejenis latte dan cappuccino sudah biasa dinikmati. Sedangkan di pedesaan, minum kopi instan memiliki aturan tersendiri, dimana terdiri dari kopi instan, gula, dan susu bubuk buatan.

Kopi asli Turki disajikan menggunakan cangkir espresso, namun sangat sulit ditemukan. Sebenarnya, apa yang disebut dengan “kopi Turki”, “kopi Yunani”, dan “kopi Georgia” adalah minuman yang sama, ketebalan, tekstur serbuk, cairan hitam, semuanya yang dikeluarkan dari mesin kopi espresso. Minuman ini hampir selalu disajikan manis.

Irlandia
Kopi Irlandia diciptakan pada 1940-an, dan kini lebih dikenal sebagai koktail yang disajikan di bar di seluruh dunia. Koktail kopi ini terdiri dari kopi panas, wiski, gula, dan whipped cream. Secara tradisional, kopi ini diminum setelah makan malam, karena kopi Irlandia mungkin tidak cocok disajikan pada pagi hari yang dingin.

Sisi lainnya, dari spektrum minuman kopi terbesar adalah kopi berkalori tinggi dari inovasi Starbucks. Beragam pilihan rasa yang terdiri dari campuran espresso, karamel, whipped cream, coklat, eggnog, dan bahan-bahan lainnya. Kehadiran kopi dengan tampilan seperti milkshake tampaknya mempengaruhi kebiasaan minum kopi di berbagai tempat di negara lain. Starbucks kini hampir bisa ditemui di berbagai wilayah di dunia, termasuk Indonesia

0 komentar